PELATIHAN PENULISAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) 2019

PELATIHAN PENULISAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) 2019

PELATIHAN PENULISAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) 2019

Pada 9–10 Oktober 2019, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) melalui Bidang Kemahasiswaan. Pada hari pertama, kegiatan dilaksanakan di Aula UPT Perpustakaan dan pada hari kedua, di Aula Latief Hendraningrat, Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini terealisasi atas kerja sama Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan) dengan seluruh program studi di lingkungan FBS. Narasumber kegiatan ialah Aam Amaningsih, M.T., dosen pada Fakultas Teknik UNJ. Tampak hadir dalam pelatihan Wakil Dekan III FBS, Dr. Samsi Setiadi, M.Pd. dan perwakilan dosen dari masing-masing program studi. Peserta kegiatan ialah mahasiswa penerima bidikmisi, PPA, dan mahasiswa umum. Pada hari kedua pelatihan, hadir tim reviewer yang langsung terjun untuk mengulas judul, ide, dan konten yang akan dituangkan oleh peserta dalam bentuk proposal.

Acara pelatihan dimulai pukul 08.30 WIB dengan pembukaan oleh pewara dan sambutan dari Wakil Dekan III FBS. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara inti yaitu workshop/pengenalan PKM pada hari pertama yang diperuntukkan bagi mahasiswa T.A 2018/2019 dan 2019/2020. Pada hari kedua, kegiatan dilakukan dalam bentuk Bedah Proposal PKM. Mahasiswa yang terlibat pada sesi ini adalah mahasiswa T.A. 2016/2017 dan 2017/2018. Mekanisme bedah proposal dilakukan secara berkelompok. Pembagian kelompok dipandu oleh Azzam selaku koordinator acara. Peserta berdiskusi dengan anggota kelompok untuk membahas judul proposal dan konten ide secara garis besar. Tim reviewer mendampingi pelaksanaan sesi ini dengan memberikan ulasan, saran, dan masukan relevan yang dibutuhkan.

Tahap selanjutnya, peserta diminta untuk mengisi formulir proposal PKM secara daring. Formulir berisi informasi tentang judul proposal, jenis PKM yang dipilih serta nama-nama anggota kelompok. Pengisian formulir dipandu langsung oleh divisi HPDd. Kegiatan pelatihan diakhiri dengan penyerahan formulir kepada panitia sebagai bukti keikutsertaan.