Pembukaan Artec Fair ke-9 FBS UNJ

Pembukaan Artec Fair ke-9 FBS UNJ

Pembukaan Artec Fair ke-9 FBS UNJ

Kegiatan akbar Festival Pendidikan Seni, Budaya, dan Bahasa atau Art, Education, and Cultur (Artec Fair) yang diselenggarakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta setiap dua tahun, kini tiba di tahun 2019. Artec Fair ke-9 FBS UNJ diselenggarakan mulai 8 Oktober 2019 dan dilaksanakan selama hampir sebulan di bulan Oktober tersebut. Pembukaan Artec Fair ini dilangsungkan pada Selasa, 8 Oktober 2019 pukul 09.00-11.00 di Taman FBS UNJ. Sementara penutupan Artec Fair akan dilaksanakan pada Selasa, 29 Oktober 2019 di tempat yang sama. Selain tentunya Dekanat FBS UNJ, tampak hadir Wakil Rektor III UNJ, para dekan di UNJ, Senat FBS UNJ, para koorprodi FBS UNJ, para dosen dan staf di FBS UNJ, Kabag TU dan para kasubag FBS UNJ, para mahasiswa, serta para undangan.

Pembukaan Artec Fair ke-9 ini dilangsungkan dengan meriah dan semarak. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UNJ Bapak Sofyan Hanif dengan diawali laporan Ketua Panitia Artec Fair, Wakil Dekan II FBS UNJ Ibu Dian Herdiati dan sambutan Dekan FBS Ibu Liliana Muliastuti. Pada kesempatan ini pun, FBS memperkenalkan Mars FBS UNJ yang ditulis lagunya oleh Ibu Dian Herdiati, liriknya oleh Ibu Liliana Muliastuti, dan musiknya oleh Bapak R.M. Aditya.

Artec Fair ke-9 ini mengangkat tema besar Eksistensi Bahasa, Sastra, dan Seni pada Era Revolusi Industri 4.0. Selama kurun 3 minggu, 8-29 Oktober 2019 ini, seluruh prodi di FBS menyuguhkan beragam kegiatan, di antaranya pergelaran, pementasan, lomba-lomba, lokakarya, seminar, gelar wicara, dan Bengkel Alumni dalam rangka Artec Fair ke-9 FBS UNJ dan sekaligus merayakan Bulan Bahasa FBS UNJ tahun 2019. Kegiatan pembukaan Artec Fair diawali dengan persembahan tarian mahasiswa FBS UNJ, sajian gamelan para staf tenaga kependidikan FBS UNJ, kemudian persembahan gerak dan lagu Betawi Kicir-Kicir dan Sirih Kuning yang disuguhkan para pimpinan FBS dan prodi (lagu dinyanyikan oleh Wakil Dekan II dan Koorprodi Pendidikan Musik, tarian dipersembahkan Dekan FBS, para koorprodi, dan Tim GPJM FBS UNJ). Pembukaan Artec Fair pun sekaligus menjadi ajang dalam meluncurkan buku berisi peta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2020 yang diberikan oleh Wakil Dekan I FBS UNJ Bapak Ifan Iskandar kepada para koorprodi se-FBS UNJ. Wakil Dekan I pun berkesempatan membacakan pemenang tiga nama dosen berprestasi (Ibu Miftahul Khairah, Ibu Siti Ansoriyah, dan Bapak Syarifudin), tiga nama tendik berprestasi (Ibu Saida, Bapak Hendri, dan Bapak Ruslan), dan satu koorprodi berprestasi di tingkat FBS UNJ (Ibu N. Lia Marliana Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). Pada kesempatan ini juga diberikan cenderahati untuk para dosen dan staf purnabakti FBS dan keluarga almarhum/almarumah dosen FBS UNJ.

Artec Fair ke-9 FBS UNJ ini juga dihiasi dengan pameran produk unggulan semua prodi di FBS UNJ yang disajikan di anjungan-anjungan yang memenuhi sepanjang halaman dari depan Gedung F, Gedung E, Gedung DE, hingga di depan Gedung C UNJ. Nantinya akan ditentukan pemenang anjungan terbaik dan diumumkan pada saat penutupan Artec Fair. Kegiatan lomba memasak para dosen pria dan staf tendik pria di FBS UNJ pada siang harinya pun pemenangnya akan diinformasikan pada saat penutupan Artec Fair pada 29 Oktober 2019 mendatang. (nlm)