PELATIHAN MENULIS BERITA UNTUK LAMAN PRODI DI FBS

PELATIHAN MENULIS BERITA UNTUK LAMAN PRODI DI FBS

PELATIHAN MENULIS BERITA UNTUK LAMAN PRODI DI FBS

Pada Selasa, 23 April 2019, pukul 10.00-13.00, di Ruang E. 214 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dilaksanakan kegiatan Pelatihan Menulis Berita untuk Laman Program Studi (Prodi) di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ oleh Bidang Umum, Kepegawaian, dan BMN FBS UNJ. Tampak hadir selain Dekan FBS, yaitu Wakil Dekan II FBS dan Kasubag Umum, Kepegawaian, dan BMN FBS UNJ beserta staf. Kegiatan ini diikuti oleh dua belas dosen CPNS dari dua belas prodi di FBS. Narasumber kegiatan pelatihan ini ialah N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.) Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ yang juga sebagai Koordinator Laman Prodi PBSI FBS UNJ.

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FBS UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. ini dilaksanakan dengan tujuan agar semua prodi dapat berperan aktif mengisi laman-laman prodi di tautan fbs.unj.ac.id yang telah disediakan UNJ. Selama ini, sebagian besar laman prodi terlihat kosong tanpa berita tentang aktivitas prodi. Padahal, kegiatan prodi yang meliputi kegiatan akademik sivitas akademika prodi, kegiatan kemahasiswaan, dan kegiatan alumni sangatlah besar kontribusinya bagi menaikkan peringkat nilai akreditasi prodi. Dalam sebulan saja, tidak mustahil suatu prodi telah menyelenggarakan beberapa kegiatan. Sangat disayangkan jika semua kegiatan prodi tersebut dibiarkan terlaksana tanpa ada publikasi ataupun penyebaran informasi kepada sivitas akademika di prodi dan di luar prodi. Hal ini sangat berkaitan dengan pencitraan publik suatu prodi. Pada pelatihan ini, narasumber pun membimbing para dosen CPNS ini untuk berlatih menulis kegiatan prodi mereka dengan mudah, singkat, dan jelas. Narasumber menanamkan betapa menulis itu mudah. Bukan pekerjaan sulit yang menyita waktu. Para peserta diperkenalkan dahulu mengenai bagian-bagian dalam berita serta menyajikan sebelas cara menulis berita yang benar bagi pemula. Semua peserta pun langsung praktik menulis berita tentang kegiatan prodi masing-masing.

Paparan narasumber mengenai teknis penulisan berita diakhiri pada pukul 12.00 karena para peserta dituntut mempraktikkan kemampuan menulis berita kegiatan prodi masing-masing. Semua peserta yang sebelumnya memang sudah diminta membawa buram berita kegiatan prodi, berhasil menyelesaikan satu liputan kegiatan prodi masing-masing. Mereka pun akhirnya telah menyumbangkan satu liputan berita kegiatan prodi yang langsung diserahkan kepada Admin Laman FBS untuk diunggah. Untuk selanjutnya, semua peserta ini akan menjadi kontributor tetap berita kegiatan prodi masing-masing. Semua berita yang dikirimkan tentu saja akan melalui proses penyuntingan terlebih dahulu oleh editor bahasa sebelum diunggah Admin FBS. (nlm)