Uji Baku Mutu FBS UNJ ke Kyungdong University

Uji Baku Mutu FBS UNJ ke Kyungdong University

Uji Baku Mutu FBS UNJ ke Kyungdong University

Pada Senin, 26 November 2018, pukul 10.00-12.00 waktu Korea, diselenggarakan kegiatan Uji Baku Mutu oleh para pimpinan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ke Kyungdong University (KDU) Korea. Rombongan FBS UNJ disambut dengan sangat hangat dan tangan terbuka oleh pihak KDU, yaitu Wakil Rektor Bidang Kerja Sama (Profesor Shin In Seob), Dekan Bidang Akademik (Profesor An Chang Young), Dekan Fakultas Keperawatan (Profesor Lee Sang Book), Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (Profesor Kim Young Hee), dan Dosen Prodi Bahasa Inggris (Profesor Park Seung Bae). 

 

Pada kesempatan ini, Profesor Park Seung Bae menjadi pemandu sekaligus pewara kegiatan ini mewakili pihak tuan rumah. Beliau mempersilakan Dekan FBS UNJ menyampaikan sambutan, sekaligus memperkenalkan anggota rombongan FBS UNJ yang turut serta. Dekan FBS UNJ dalam sambutannya menyampaikan keinginan FBS UNJ menjalin kerja sama dengan KDU. Beliau mengatakan bahwa hingga saat ini FBS UNJ belum memiliki Prodi Pendidikan Bahasa Korea. Semoga FBS UNJ dapat membuka program studi tersebut pada tahun-tahun mendatang mengingat saat ini minat orang Indonesia belajar bahasa Korea sangat tinggi. Demam budaya pop Korea yang sedang melanda Indonesia turut berdampak pada minat belajar bahasanya. Di lain pihak, FBS UNJ juga menawarkan diri untuk suatu saat bekerja sama dalam memberikan pelajaran bahasa dan budaya Indonesia kepada mahasiswa di Kyungdong University. FBS UNJ pun mengundang pihak KDU untuk berkunjung ke UNJ. Diharapkan hubungan kedua universitas ini dapat terjalin dengan kesepakatan kerja sama kelak. 

 

Selanjutnya, Profesor Park Seung Bae mempersilakan Wakil Rektor III KDU untuk menyampaikan sambutan sebagai pihak tuan rumah. Dalam sambutan selamat datangnya, Profesor Shin In Seob menyampaikan harapannya akan ada program pertukaran dosen dan mahasiswa di antara kedua universitas. Rombongan FBS UNJ menyimak paparan Wakil Rektor III KDU dengan saksama sambil mencicipi teh dan kopi panas khas Korea sajian tuan rumah.

 

Rombongan FBS UNJ ini terdiri atas Dekan (Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.) didampingi Wakil Dekan I (Dr. Ifan Iskandar, M.Hum.) dan Wakil Dekan III (Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd.) bersama rombongan koordinator program studi (koorprodi) di FBS, yaitu Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Musik, Pendidikan Tari, Ketua dan Sekretaris GPJM FBS, Koordinator PKM FBS, serta Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan FBS. 

 

 

Sebelum bertukar cendera mata di antara kedua universitas, rombongan FBS UNJ diajak berkeliling melihat sarana prasarana pembelajaran secara langsung. Sarana prasarana perkuliahan dan praktik pembelajaran di KDU sangat memadai, mutakhir, dan lengkap. Setelah kunjungan ke kelas-kelas praktik pembelajaran, rombongan FBS UNJ pun kembali ke aula untuk memperoleh informasi lebih lengkap pada sesi tanya jawab. Wakil Dekan I FBS, para koorprodi, dan Ketua GPJM FBS bertanya mengenai Tridarma Perguruan Tinggi dan penjaminan mutu di KDU. Profesor Park Seung Bae menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan singkat dan jelas, bersama para pimpinan KDU yang hadir. Pada akhir kegiatan, dilakukan sesi foto bersama di halaman gedung Kampus KDU. Kegiatan pun berakhir dan rombongan FBS UNJ bertolak kembali ke Seoul pada pukul 12.30. (nlm)