Bincang Inspiratif #2 FBS 2018 “Anti Galau Pascakampus”

Bincang Inspiratif #2 FBS 2018 “Anti Galau Pascakampus”

Bincang Inspiratif #2 FBS 2018 “Anti Galau Pascakampus”

Pada Rabu, 28 Februari 2018 diadakan kegiatan Bincang Inspiratif #2 Tahun 2018 di Auditorium Gedung Ki Hajar Dewantar Lt. 9. Kegiatan seminar  yang merupakan lanjutan dari kegiatan Bincang Inspiratif #1 yang terlaksana November 2017 lalu, kembali menghadirkan pembicara-pembicara yang sangat menginspirasi dan memotivasi.

Pembicara pertama adalah alumni Prodi Pendidikan Bahasa Jerman yang membawa nama UNJ sebagai 5 besar Mawapres Nasional tahun 2016. Dina biasa ia disapa, memaparkan mengenai apa yang ia tekuni setelah menyelesaikan pendidikan S1-nya. Ia menekankan kepada calon wisudawan yang akan wisuda pada Maret ini untuk menentukan terlebih dahulu bidang pekerjaan apa yang mereka minati. Ada tiga bidang pekerjaan yang Dina sebutkan, yaitu Management Trainee, Perusahaan Startup dan Non-Govermental Organization (NGO).

Pembicara kedua mungkin sudah tidak asing untuk sebagian peserta yang datang, karena ia adalah salah satu pembicara pada Bincang Inspiratif #1.  Zaki biasa ia disapa, adalah seorang pengusaha developer rumah yang baru mengecap manisnya kesuksesan. Sudah 12 rumah di teras pertama dan 33 rumah di teras kedua telah diselesaikannya. Sekarang beliau sedang menyelesaikan proyek teras ketiga dan ke empat berupa. Beliau yang merupakan alumnus Prodi Pendidikan Bahasa Arab FBS UNJ ini, berencana akan pensiun jika sudah menyelesaikan 1001 rumah.

Pembicara kedua bernama Ince seorang Dosen Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Teknik – PLN. Ia memberi materi mengenai pengalamannya mendapatkan beasiswa LPDP yang mengantarkannya melanjutkan studi di Institute of Education University College di London pada tahun 2015-2016. Beliau yang merupakan alumnus Prodi Sastra Inggris FBS UNJ ini, memberikan pesan kepada peserta kalau ingin mendapatkan beasiswa, jangan mengandalkan dari satu sumber saja. Banyak beasiswa lain di Indonesia yang bisa dicoba oleh mereka.

Pembicara yang terakhir, last but not least adalah seorang profesional yang sekarang menjadi konsultan Manajemen-SDM. Indra biasa ia disapa, telah mencoba banyak hal pada masa kuliah hingga sekarang. Mulai dari kuliah di tiga tempat dalam satu hari sampai melakukan empat macam jenis pekerjaan dalam satu waktu. Akan tetapi, menurut alumnus Prodi Pendidikan Seni Musik ini, ada hal positif yang ia dapatkan selama menjalani multiprofesi. Salah satunya ia terbiasa untuk mengatur waktu dengan baik.

Seminar ditutup dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh dua peserta seminar yang dijawab dengan sangat baik oleh para pembicara tersebut. Closing statement dari pembicara menjadi akhir yang epik dari acara seminar bincang inspiratif yang diadakan oleh FBS. (knp)