Kegiatan Seminar Pengelolaan Kewirausahaan Mahasiswa dan Pusat Inkubator Bisnis di FBS

Kegiatan Seminar Pengelolaan Kewirausahaan Mahasiswa dan Pusat Inkubator Bisnis di FBS

Kegiatan Seminar Pengelolaan Kewirausahaan Mahasiswa dan Pusat Inkubator Bisnis di FBS

Februari 2018 diawali Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan mengundang para koordinator program studi (koorprodi) beserta tim kewirausahaan prodi di FBS untuk hadir dalam kegiatan Pengelolaan Kewirausahaan Mahasiswa dan Pusat Inkubator Bisnis. Tepatnya, pada 1 Februari 2018, pukul 10.00-12.00, di Ruang E.214, kegiatan ini diselenggarakan. Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FBS, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. ini dihadiri oleh 27 peserta dari 12 prodi S1 yang ada di FBS, yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Prodi Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Sastra Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Prodi Pendidikan Musik, Prodi Pendidikan Tari, dan Prodi Pendidikan Seni Rupa. Selain para koorprodi dengan tim kewirausahaannya, tampak hadir sebagai pihak tuan rumah, yaitu Wakil Dekan II FBS dan Wakil Dekan III FBS mendampingi Dekan FBS yang telah  mengawali dan membuka kegiatan ini.

Narasumber kegiatan ini ialah Bapak Dr. Dedi Purwana, M.Bus., Dekan Fakultas Ekonomi UNJ. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan terlebih dahulu mengenai potret wirausaha dan kegiatan kewirausahaan di perguruan tinggi. Pada kesempatan ini, Bapak Dedi pun memaparkan model pengembangan kewirausahaan Dikti, strategi pengembangannya, serta siklus kewirausahaan yang berkesinambungan. Beliau pun memetakan inkubator bisnis di fakultas-fakultas yang ada di UNJ. Misalnya, FBS berpotensi membangun industri kreatif di bidang seni, pelatihan BIPA atau pelatihan bahasa, dan konsultan studi di luar negeri (lintas prodi bahasa asing di FBS).

Setelah pemaparan narasumber, Wadek III FBS (Bapak Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd.) mempersilakan para peserta kegiatan untuk bertanya. Para peserta antusias mengetahui lebih jauh tentang kewirausahaan prodi dan dijawab oleh Bapak Dedi dengan sangat jelas. Kegiatan yang sangat bermanfaat ini pun berakhir pada pukul 12.00 dan ditutup oleh Wadek III FBS. (nlm)