Kiprah Alumnus FBS, UNJ sebagai Pemakalah di Seoul National University, Seoul-Korea Selatan

Kiprah Alumnus FBS, UNJ sebagai Pemakalah di Seoul National University, Seoul-Korea Selatan

Kiprah Alumnus FBS, UNJ sebagai Pemakalah di Seoul National University, Seoul-Korea Selatan

Kegiatan 5th International Conference on Linguistics, Literature, and Arts (ICLLA 2018) diadakan oleh sebuah lembaga internasional IEDRC (International Economics Development and Research Center) di Hoam Faculty House, Seoul National University, Korea Selatan. Konferensi internasional tersebut berlangsung pada 27-29 Januari 2018. Alumnus Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, angkatan 2011, yaitu Delia Paramitha berkesempatan menjadi salah satu pemakalah dalam konferensi internasional tersebut.

Saat ini, Delia sedang melanjutkan studi S-2 di Universitas Negeri Jakarta Prodi Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Jakarta. Delia Paramitha merupakan penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Berkat dukungan dana beasiswa LPDP pulalah, Delia dapat menghadiri konferensi internasional ini sebagai salah satu pemakalah.

Meski diadakan saat musim dingin winter tetap tidak menyurutkan semangat peserta. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang banyak tergabung dalam konferensi mewakili negara dan universitas-masing-masing. Peserta yang mengikuti konferensi ini dari beragam akademisi, yaitu dosen dan mahasiswa dari berbagai universitas. Konferensi ini dihadiri oleh 89 peserta yang berasal dari berbagai negara, yakni Indonesia, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia, Hong Kong, New Zealand, Australia, Algeria, India, Thailand, Filipina, Cina, Belarus, Jepang, Vietnam, Saudi Arabia, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Afrika Selatan.

Pembicara utama atau keynote speaker dalam konferensi ini adalah Prof. LIM, Cheolil dari Seoul National University–Korea Selatan, Prof. Tomokazu Nakayama dari Jissen Women’s University–Jepang, Prof. Hui-Wen Vivian Tang dari Ming Chuan University-Taiwan, Assoc. Prof. Dr. Jason Miin-Hwa Lim dari University Malaysia Sabah-Malaysia, dan Assoc. Prof. Eric C.K. Cheng dari The Education University of Hong Kong-Hong Kong.

Delia Paramita mendapatkan kesempatan untuk berbicara pada sesi keenam dengan makalah berjudul The Effect of Learning Tournament Method with Medium of Serial Images to the Ability of Writing Short Story Text of Students of Class VII of SMP Negeri 4 Bogor. Total sesi pada konferesi ini ada 8 sesi. Pembukaan konferensi dibuka oleh Prof dari Seol National University yaitu Prof. LIM, Cheolil kemudian dilanjutkan dengan sesi keynote speaker dan sesi pembicara lainnya membawakan makalah masing-masing.(dp)