Lokakarya Ketua Program Studi Universitas Negeri Jakarta 2016

Lokakarya Ketua Program Studi Universitas Negeri Jakarta 2016

Lokakarya Ketua Program Studi Universitas Negeri Jakarta 2016

Pada 30 Agustus hingga 1 September 2016, seluruh Kaprodi di UNJ mengikuti kegiatan Lokakarya Kaprodi di Hotel Harris Sentul. Dua mobil Fakultas Bahasa dan Seni mengantarkan rombongan Kaprodi se-FBS menuju lokasi lokakarya. Tampak hadir, Dekan FBS, Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Kaprodi Sastra Indonesia, Kaprodi Sastra Inggris, Kaprodi Pendidikan Bahasa Prancis, Kaprodi Pendidikan Bahasa Jerman, Kaprodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Kaprodi Pendidikan Bahasa Jepang, PLT Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab, dan Kaprodi Pendidikan Seni Rupa.

Sebelum melaksanakan lokakarya ini, Wakil Rektor I UNJ sudah mengirimkan catatan output apa yang akan ditagihkan kepada para kaprodi, di antaranya: (1) identifikasi masalah-masalah yang dihadapi prodi masing-masing untuk memenuhi semua standar di Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015; 2) membuat (menyusun) peta jalan (roadmap) akademik untuk masing-masing prodi dan fakultas dan semua lembaga/unit untuk memenuhi semua standar yg ada di permenristekdikti. Semuanya disusun dalam sebuah matrik yg dibukukan. Sambil menunggu format matrik, kaprodi menyusun dahulu matriks sendiri (minimal mencantumkan kegiatan, schedule waktu, rencana pembiayaan, rencana sumber pembiayaan, urutan-urutan, target pencapaian, dsb). Matriks akan dipersiapkan oleh para Wadek 1 dan -Tim Warek 1 UNJ.

Lokakarya ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNJ pada pukul 13.30. Pada kegiatan ini, Rektor sekaligus menyosialisasikan adanya Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2016 tentang SOTK UNJ, salah satunya tentang keberadaan Koordinator Prodi mulai Januari 2017 sebagai pengganti Kaprodi. Ada pula paparan Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 4, Kepala BAPSI, Kepala Pustikom, Prof. Dr. Endry Boeriswati, Dr Siti Nurjanah, Wakil Dekan I FE, dan lain-lain.

Selanjutnya semua kaprodi terbagi atas empat kelompok diskusi, yaitu kelompok materi pengembangan kurikulum prodi; materi Buku Pedoman Akademik; materi akreditasi institusi dan prodi; dan materi sidos, webometrik, dan repositori. Semua kaprodi menempati ruang-ruang kelompok yang berbeda dengan narasumber yang berbeda-beda pula.

Malamnya, perwakilan empat kelompok diskusi tadi kemudian mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan semua kaprodi dan jajaran pimpinan UNJ dan FBS. Rektor diwakili oleh Wakil Rektor I beserta pihak terkait kemudian menjawab persoalan-persoalan yang dipaparkan semua kelompok. Sampai pukul 21.30 kemudian Wakil Rektor I menutup kegiatan Lokakarya Kaprodi UNJ ini secara resmi. (NLM)