Studium Generale Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta dengan Tema: Our Readiness For Industry Revolution 4.0

Studium Generale yang bertemakan “Our Readiness For Industry Revolution 4.0” sukses digelar pada hari Selasa, 29 September 2020. Kegiatan Studium Generale ini sudah berlangsung setiap tahun sejak tahun 2014. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas cakrawala wawasan mahasiswa terhadap gambaran kondisi dan kebutuhan dunia kerja di era revolusi industri 4.0.

Acara Studium Generale ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom yang dipandu oleh pewara, Jasmin Widia Susilo dan Adiba Rahma Izzati, dilanjutkan dengan moderator, Santha Nathalia, dengan 2 narasumber di antaranya, Novia Chyntia Dewi, S.Pd. (alumni Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ tahun 2014) dan M. Gilang Fajrianto, S.Pd. (alumi Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ tahun 2015).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. Diawali dengan pembukaan pewara sekaligus membaca susunan acara, dilanjutkan pemutaran perdana Mars PSPBM dilanjutkan dengan pemutaran video mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Selanjutnya sambutan Koorprodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Ibu Ayu Trihardini, M.A kemudian sambutan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Acara selanjutnya adalah foto virtual bersama.

Pemaparan materi pertama dilakukan oleh M. Gilang Fajrianto, S.Pd. Materi yang disampaikan berjudul “Manajemen Waktu” dengan beberapa topik pembahasan, di antaranya:

  1. Tips n Trick belajar bahasa Mandarin
  2. Menghadapi tantangan ketika belajar bahasa Mandarin
  3. Hubungan dan adaptasi di kehidupan kampus
  4. Kemampuan dan keunggulan ketika terjun di dunia kerja
  5. Faktor individu yang harus dimiliki

Pemaparan materi kedua dilakukan oleh Novia Chyntia Dewi, S.Pd. Materi yang disampaikan berjudul “Halo, Dunia Kerja!” dengan beberapa topik pembahasan, di antaranya:

  1. Apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah
  2. Apa yang harus dipersiapkan seorang lulusan baru di dunia kerja
  3. Perubahan dan perbedaan dunia kampus dan kerja
  4. Sikap dan hubungan sosial di lingkungan dunia kerja
  5. Yang dibutuhkan dari seorang lulusan bahasa Mandarin

Setelah materi dari 2 narasumber selesai dipaparkan, moderator membuka sesi diskusi kepada peserta yang ingin bertanya. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di antaranya, rekomendasi aplikasi atau sumber belajar bahasa Mandarin yang bagus, cara meluaskan relasi selama menjadi mahasiswa, bagaimana rasanya kerja di era 4.0 yang dominan menggunakan teknologi digital, saat menjadi penerjemah apakah butuh tingkatan tertentu, sharing pengalaman bagaimana cara belajar kakak-kakak angkatan pertama saat belum punya senior. Setelah sesi diskusi selesai, acara ditutup oleh pewara.