Cerdas Jurnalistik Bersama Syarifuddin Yunus

[easingslider id=”1009″]

Melihat pesatnya perkembangan era digital khususnya jurnalistik, Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada mata kuliah Jurnalistik mengadakan workshop penulisan berita di 15 Desember 2017 bersama pembicara, Syarif Yunus. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 5 yang berjumlah sekitar 40 orang.

Dilansir dari republika.co.id, workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis berita, dari mulai proses hingga menjadi kompetensi. “ Workshop ini diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan penulisan berita mahasiswa sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan jurnalisme warga,” ujar Syarifudin Yunus yang didampingi Dr. Gres Gracia Azmi, dosen pengampumata kuliah Jurnalistik.

Syarifudin menyebutkan, berita adalah laporan tercepat yang harus bisa dikabarkan seluas-luasnya. Untuk itu, berita harus dikelola dengan teknik yang tepat; dari mulai mendapatkan bahan, menuliskan hingga menyebarluaskannya. “Oleh karena itu, prasyarat menulis menulis berita berupa 1) aktual, 2) factual, 3) penting, dan 4) menarik harus dipenuhi,” tuturnya. Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa pun diajarkan cara menulis berita secara mudah melalui teknik “key messages” atau pesan inti yang ingin dituliskan dalam berita, sesuai hasil liputan atau interview yag dilakukan.

Maraknya informasi yang tersaji di media sosial hingga menumpuknya berita menyita perhatian publik, menuntut mahasiswa untuk berperan aktif dalam menyajikan berita yang actual dan factual, bukan berita palsu yang disebarluaskan. “Secara prinsip, apapun yang terjadi disekitar kita dapat dijadikan berita. Namun untuk menuliskannya dibutuhkan kompetensi menulis berita, disamping harus berdasar fakta dan bersifat aktual” ujar Syarifudin.