PELATIHAN PENGELOLAAN JURNAL PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI

Jurnal merupakan sebuah aset yang penting bagi peningkatan akreditasi sebuah institusi. Untuk membangun kesadaran tersebut, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memulainya dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Jurnal Program Studi (Prodi) Bahasa dan Seni bagi seluruh Koordinator Program Studi (Korprodi) dan para dosen di lingkungan FBS UNJ. Acara yang berlangsung Sabtu, 4 Juli 2020 pukul 09.00-11.00 ini dilaksanakan melalui media Zoom.

Narasumber pada acara ini ialah Dr. Erfan Handoko, M.Si. dari LPPM UNJ dengan dipandu moderator Dr. Dinny Devy Triana. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Pusat Kajian dan Jurnal Bahasa, Dr. Nia Setiawati, M.Pd., dan pengantar oleh Dekan FBS Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Pada kesempatan tersebut, hadir pula para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Prancis antara lain Monsieur Dr. Subur Ismail, M.Pd selaku Koorprodi Pendidikan Bahasa Prancis, Madame Dra. Dian Savitri, M.Pd., Madame Yusi Asnidar, S.Pd., M.Hum., Madame Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd., Madame Yunilis Andika, S.Pd., M.Li. serta para dosen dari program studi lain di lingkungan FBS.

Pengelolaan Jurnal dan Pengajuan Open Journal System (OJS) menjadi topik menarik yang disampaikan dengan sangat baik oleh narasumber. Selanjutnya sesi sharing dan diskusi mengenai jurnal-jurnal yang sudah ‘hidup’ di lingkungan FBS antara lain Al Ma’rifah (Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Arab), Aksis (Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Arkhais (Jurnal Prodi Sastra Indonesia), Jurnal Penelitian Musik (Jurnal Prodi Pendidikan Seni Musik), serta Alinea (Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta).

Acara ini memberi banyak pengetahuan baru bagi para pengelola jurnal untuk dapat meningkatkan jurnalnya agar tembus Sinta maupun Google Schoolar. Sementara program studi yang belum memiliki jurnal, diharapkan agar dapat mempresentasikan rencana jurnalnya pada pertemuan selanjutnya. (yl)