FORUM MEJA BUNDAR PENERJEMAH INDONESIA DAN PRANCIS

Pada Kamis, 20 Juni 2019 telah dilaksanakan acara Forum Meja Bundar bertajuk Table Ronde Des Traducteurs Scientifiques et Littéraires Indonésien-Français. Acara yang berlokasi di Perpustakaan Nasional, Jakarta dibuka oleh Monsieur Phillipe Grangé selaku Atase Kerja Sama Linguistik dari Institut Français Indonesia.

Pada acara tersebut, hadir dosen Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, Madame Yusi Asnidar, S.Pd., M.Hum. beserta beberapa mahasiswa untuk sharing mengenai dunia penerjemahan bahasa Indonesia-Prancis dan sebaliknya. Sekitar 20 narasumber saling berbagi pengalaman dengan para peserta. Semua narasumber merupakan.para praktisi di bidang penerjemahan bahasa Indonesia-Prancis yang memiliki latar belakang yang berbeda, seperti hukum, pendidikan, bahasa, budaya, dan lain-lain. Pengetahuan para peserta semakin kaya dengan berbagai informasi dan seluk-beluk, susah-senangnya menjadi penerjemah, serta kesulitan-kesulitan yang sering dialami oleh para penerjemah.

Ke depannya diharapkan acara ini dapat berlangsung secara rutin agar dapat menjadi wadah para penerjemah untuk berbagi pengalaman dan mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan terkait penerjemahan yang sedang dialami. Selain itu, para mahasiswa juga memperoleh wawasan lebih luas mengenai dunia penerjemahan untuk bekalnya di kemudian hari. (yl)