WORKSHOP MERANCANG DAN MELAKSANAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI PEMBELAJARAN DI UNJ

Saat ini, pemerintah sedang gencar menyosialisasikan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di era 4.0. Untuk itu, pada 4 Mei 2019 pukul 09.00 sampai 15.00 WIB, UNJ mengundang para Koordinator Prodi dan dosen pada Workshop Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi.

Acara bertajuk Pembelajaran Zaman Now (Connecting Students to Global Learning Resources and Experts) ini berlangsung di Aula Maftuhah Yusuf, Lantai 2. Acara tersebut bertujuan agar para dosen mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi pada proses pembelajaran. Pada acara tersebut, Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd. dan Cecep Kustandi, M.Pd hadir sebagai narasumber.

Pada workshop tersebut, para peserta disarankan untuk membawa laptop karena banyak materi yang disampaikan serta dipraktikkan secara langsung, seperti membuat QR Code, hyperlink, hypertext, dan hypercontent sebagai pendukung bahan ajar agar mempermudah mahasiswa dalam mengakses materi yang akan disampaikan sebelum perkuliahan berlangsung. Selanjutnya, para peserta mempelajari cara bergabung di Google Classroom dan membuat kelas sendiri di aplikasi tersebut. Untuk dapat masuk ke Google Classroom, para peserta sudah harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Selain itu, peserta diajak menjawab 5 pertanyaan dari aplikasi Kahoot.it. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang menarik untuk diterapkan sebagai kuis pembelajaran. Terakhir, peserta mencoba aplikasi Zoom. Aplikasi ini merupakan aplikasi video conference yang dapat diakses baik di Android maupun laptop. Semua ini diupayakan sebagai pendukung pembelajaran di era 4.0 yang sedang gencar disosialisasikan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. (yl)