PENINGKATAN KUALITAS LAMAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNJ MELALUI PELATIHAN “MENULIS ITU MUDAH”

Pada selasa, 23 April 2019 pukul 10.00-12.00 WIB telah diadakan acara pelatihan menulis bagi pengelola laman (website) prodi. Acara yang dilaksanakan di Ruang E214, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ tersebut dihadiri oleh Dekan FBS (Ibu Liliana Muliastuti), Wakil Dekan II FBS (Ibu Dian Herdiati), Kasubag Umum, Perlengkapan, dan BMN (Ibu Ester), Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Ibu Lia Marliana), dan 12 perwakilan dosen CPNS di FBS yang bertugas mengelola laman prodinya masing-masing. Dari Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, Yunilis Andika tampak hadir untuk mewakili acara tersebut.

Acara yang dibuka oleh Ibu Liliana Muliastuti tersebut bertujuan agar laman masing-masing prodi kembali hidup. Dengan aktifnya laman prodi, segala kegiatan prodi akan terdokumentasikan dengan baik. Hal itu diharapkan dapat membantu meningkatkan nilai akreditasi prodi. Selanjutnya, Ibu Dian Herdiati turut memberi sambutan. Beliau berharap dengan terbentuknya formasi pengelola baru, laman masing-masing prodi akan lebih baik lagi. Acara ini merupakan acara lanjutan dari Koordinasi Pengelolaan Laman  yang dilaksanakan seminggu sebelumnya.

Acara dimulai dengan penjabaran mengenai materi “Menulis Itu Mudah” yang menarik dari Ibu Lia Marliana. Beliau menegaskan bahwa untuk memulai menulis, hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui poin pentingnya yaitu 5W1H atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah ADiKSiMBa (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana). Pada paparannya, terdapat 11 poin penting yang perlu menjadi perhatian. Selama presentasi berlangsung, para pengelola laman memerhatikan dengan seksama. Mereka juga bertanya mengenai hal yang dirasa belum jelas pada sesi tanya-jawab. Acara ditutup dengan target masing-masing pengelola laman menghasilkan satu artikel berita mengenai kegiatan prodi dengan menerapkan ilmu menulis yang telah diberikan sebelumnya. (yl)