International Seminar on Language, Literature, Arts, and Education

 

Rabu dan Kamis, 5 dan 6 September 2018 telah dilaksanakan acara seminar internasional di Universitas Negeri Jakarta. Acara tersebut bernama “International Seminar on LanguageLiteratureArtsand Education“. Pada kesempatan kali ini tema yang dibawakan adalah Literasi Budaya dalam Pendidikan Bahasa, Seni dan Sastra di Era Revolusi Industri 4.0”. Acara ini berlangsung di gedung Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika, Universitas Negeri Jakarta. Dan pada kesempatan kali ini madame Sri Harini Ekowati hadir sebagai reviewer di acara ini bersama dengan madame Ratna sebagai panitianya. Keduanya merupakan perwakilan dari Prodi Pendidikan Bahasa Perancis Universitas Negeri Jakarta. Begitupun di dalam acara ini terlihat Madame Asti Purbarini, Madame Yusi Asnidar dan Madame Ratna sebagai pemakalah di seminar tersebut. 

Seminar pada kesempatan kali ini fokus membahas tentang perkembangan media komunikasi yang semakin lama semakin canggih. Kecanggihan ini mengubah kebiasaan komunikasi manusia menjadi lebih intensif baik dengan bertemu langsung atau bertemu secara virtual. Hal ini kemudian dibahas lebih lanjut tentang bagaimana cara menyikapi pesatnya perkembangan media komunikasi. Pada kesempatan kali ini juga, Prof. Dr. Emilienne Baneth-Nouailhetas (Atase KerjaSama Pendidikan Perancis untuk Indonesia) hadir sebagai pemateri dalam seminar kali ini. Beliau membawakan materi yang berjudul “70 Years Universal Declaration of Human Rights”. Acara ini kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata. Pada kesempatan kali ini Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pdhadir memberikan cendera mata langsung kepada Prof. Dr. Emilienne Baneth-Nouailhetas. 

Acara ini bertujuan untuk menanamkan kebudayaan, antar-kebudayaan, dan kompetensi lintas budaya melalui pendidikan bahasa, seni, dan sastra; menanamkan integritas dan altruisme melalui pendidikan bahasa, seni, dan sastra; serta mengembangkan kebudayaan yang beragam melalui pendidikan bahasa, seni, dan sastra.