PRAKTIK BAHASA LAPANGAN (PBL) PERWIRA KEMENTERIAN PERTAHANAN RI DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN UNJ

Rabu, 19 Juni 2019, Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (PSPBJ) FBS UNJ kedatangan para perwira dari Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Republik Indonesia. Para Perwira berkunjung ke PSPBJ dalam kerangka Praktik Bahasa Lapangan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Jerman, baik secara produktif maupun reseptif. Kegiatan PBL ini terdiri dari 12 perwira yang didampingi oleh instruktur bahasa Jerman dari Pusdiklat Bahasa Kemhan. Sebelum melakukan kegiatan PBL ini, para perwira sudah menjalani kursus bahasa Jerman secara intensif 5 bulan lamanya di Pusat Bahasa Kemenhan, bahkan ada beberapa perwira yang berencana akan melanjutkan studi di Jerman.

Tepat pukul 09.00 WIB, kedatangan para perwira disambut hangat oleh para dosen PSPBJ yang kemudian langsung diantarkan menuju Ruang E. 214 FBS untuk melaksanakan acara ramah tamah sekaligus pembukaan. Pembukaan kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Dekan 1 FBS, Dr. Ifan Iskandar, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa hubungan baik antara 2 institusi yaitu Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Republik Indonesia dan PSPBJ FBS UNJ harus terus dijaga dan dikembangkan. “Saya berharap pertemuan dan kerjasama yang baik ini akan terus berlanjut. Mungkin ke depannya kita akan bekerja sama dalam banyak hal, seperti pembuatan bahan ajar bahasa Jerman untuk tujuan khusus yang bisa dipergunakan oleh para perwira di lingkungan Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Republik Indonesia,” ujarnya. Selain itu, instruktur bahasa Jerman dari Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, Ibu Dra. Nawang Indriastuti, M.M, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PSPBJ FBS UNJ yang sudah menerima para perwira dari Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Republik Indonesia untuk melaksanakan PBL di UNJ. ”Saya berharap setelah kegiatan ini para perwira dapat  berkomunikasi menggunakan bahasa Jerman dengan baik, benar, dan lancar dalam percakapan formal maupun informal,” pesannnya.

Kegiatan inti dimulai pukul 10.00 WIB di Ruang 407, Lantai 4 Gedung Dewi Sartika UNJ. Kegiatan PBL para perwira ini lebih seru dan menarik karena mereka mempraktikan keterampilan berbahasa Jerman secara komunikatif bersama para Mahasiswa PSPBJ. 12 Mahasiswa yang ikut serta pada kegiatan ini merupakan mahasiswa PSPBJ angkatan 2018. Kegiatan ini didampingi langsung oleh instruktur bahasa yang juga dosen Prodi Bahasa Jerman PSPBJ FBS UNJ, Dra. Santiah M.Pd. Materi pembelajaran yang disampaikan meliputi perkenalan (kennenlernen), keluarga (Familie), hobi dan waktu luang (Hobby und Freizeit), kehidupan sehari-hari (Alltagsleben) dll. Para peserta baik perwira maupun mahasiswa sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini. Metode yang diterapkan oleh instruktur bahasa membuat para peserta menikmati dan mengikuti jalannya kegiatan sampai selesai, karena pada kegiatan ini metode penyampaian dan praktik berbahasa Jerman yang dilakukan secara aktif dan komunikatif menggunakan permainan dan lagu sehingga terlihat tidak membosankan. Shavira Aulia, mahasiswa yang ikut serta pada kegiatan ini  menyampaikan kesannya, “kegiatannya seru dan menyenangkan. Kami tidak hanya belajar bahasa Jerman bersama para perwira saja melainkan bagaimana kami bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jerman yang baik dan benar. Ditambah lagi metode yang diterapkan sangat menyenangkan karena adanya permainan dalam proses pembelajaraan”.

Kegiatan PBL ini selesai pukul 15.00 WIB yang ditutup dengan pemberian cendera mata dari Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Republik Indonesia kepada Ibu Dra. Kurniasih Ratri Handayani, M.A, selaku koorprodi PSPBJ. “Alhamdulillah, puji syukur kegiatan PBL dari Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Republik Indonesia hari ini berjalan dengan lancar. Terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta, terutama para perwira dari Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Republik Indonesia. Semoga ke depannya kita akan terus menjadi mitra dan bisa bekerja sama baik dalam hal pelatihan bahasa Jerman maupun hal lainnya,” tutupnya.

FA