PERTUNJUKAN DARING JUMAWA

Jumawa adalah hasil karya mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, angkatan 2018 dalam rangka Ujian Akhir Semester pada Mata Kuliah Keterpaduan Seni dengan Dosen Pengampu Bapak Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd. Karya ini digelar secara daring pada 8 Juli 2021, pukul 08:30 WIB menggunakan platform Youtube. Karya ini meceritakan mengenai sisi lain pandangan orang terhadap Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Namun pandangan tersebut berhasil dipatahkan karena bukti nyata keberadaan Covid-19 itu Sendiri.

Pertunjukan dibuka dengan narasi tentang pemandangan kota Jakarta, setelah itu adegan berganti pada perkenalan karakter dalam cerita tersebut dan masuklah pada cerita dalam pertunjukan ini dimana pada adegan awal terlihat tokoh bernama Andin yang sedang menonton sebuah berita di ponselnya. Dilanjutkan dengan cerita tokoh yang bernama Mpok Wati, Jeng Ani, Sitompun, Juminten dan The Iem mengenai pendapat mereka mengenai isu yang sedang beredar yaitu Covid-19. Adegan berikutnya adalah drama musikal, paduan nyanyian dan tarian yang dilakukan oleh tokoh tokoh tersebut yang menceritakan pendapat-pendapat mereka sebagai masyarakat mengenai Covid-19.

Setelah itu, Andin yang tengah berjalan di sebuah jalan kecil, sambil menari dengan alunan musik. Berlanjut pada adegan Bapak Susilo yang mengalami batuk yang cukup kuat saat kembali ke rumah sehabis bekerja dibantu oleh Ibu Marinah dan Andin untuk membawanya keluar untuk mendapat pertolongan dan adegan beralih pada tarian dimana ini menggambarkan Bapak Susilo yang terkena Covid-19 dengan pengilustrasian penari yang mengelilinginya. Setelah adegan tersebut selesai cerita kembali beralih pada suatu adegan ada dimana salah satu tokoh membaca puisi yang dikelilingi orang-orang yang menggunakan masker. Lalu adegan ditutup dengan tarian dan nyanyian yang menghimbau bagi masyarakat untuk menaati peraturan guna mencegah penyebaran Covid-19. (MS)