Mahasiswa Prodi Pendidikan Tari Berprestasi di Ajang Kang Nong Kota Tangerang – 2021

Kang Nong Kota Tangerang adalah suatu ajang pencarian Duta Kebudayaan dan Pariwisata di Kota Tangerang yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang. Acara ini berlangsung dari tanggal 1 April hingga 11 Juni 2021. Dimana acara ini dibagi menjadi empat tahapan yang pertama ialah tahap pendaftaran yang dilakukan dari tanggal 1 April 2021 sampai tanggal 25 Mei 2021. Selanjutnya adalah tahap pertama yaitu tahap interview yang diselenggaran pada tanggal 28 dan 29 Mei 2021, dilanjutkan pada tahap kedua yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2021 dan tahap ketiga yang dilaksanakan pada 2 Juni 2021 dan Grand Final dilaksanakan pada 2 Juni 2021. Acara Grand final ini diselenggarakan secara Live melalui platform Youtube, namun peserta Kang Nong akan ada pada Hotel Narita dan acara ini diselenggarakan annual setiap tahunnya

 

Ridho Fadhila adalah salah satu pemenang pada acara Kang Nong Kota Tangerang dan mendapatkan gelar ‘Kang Berbakat’ pada acara tersebut dan adalah peserta termuda pada acara Kang Nong Kota Tangerang ini. Ridho Fadhila atau yang dipanggil Kang Fadhil pada acara ini adalah salah satu mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Fakultas Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Tari angkatan 2020 yang dimana banyak hal yang diutarakan oleh Kang Fadhil mengenai prosesnya dari awal pendaftaran hingga akhirnya mendapatkan gelar tersebut. Kang Fadhil mengatakan bahwa motivasi awal Kang Fadhil ingin dapat mengembangkan lagi kebudayaan yang ada di Kota Tangerang yang dimana Kang Fadhil berpendapat bahwa kebudayaan di Kota Tangerang ini sangat kental akan kultur budaya yang berbeda beda namun belum ada salah satu yang menonjol maka dari itu Kang Fadhil memanfaatkan kesempatan ini dan juga sebagai mahasiswa Pendidikan Tari untuk menjadikan ajang Kang Nong ini untuk membantu menghidupi kebudayaan di Kota Tangerang.

 

Kang Fadhil menceritakan bahwa banyak hal yang ia pelajari selama menjalani proses pelatihan sebagai Kang Nong Kota Tangerang ini. Mulai dari yang sederhana seperti pembelajaran untuk memberi salam hingga mempelajari Public Speaking, Organisasi, dan Kepemimpinan. Kang Fadhil menceritakan mengenai proses yang dimana Kang Fadhil menjalani tahapan – tahapan mulai dari tahap satu yaitu mengenai tes kepribadian dan dilanjutkan pada tahap dua yaitu tes pengetahuan mengenai Kota Tangerang yang diinterview secara langsung diatas panggung dan seleksi langsung diputuskan pada tahap dua ini. Selanjutnya Kang Fadhil menceritakan mengenai prosesnya saat masa pra karantina yang dimana Kang Fadhil menceritakan bahwa terdapat kelas yang ia ikuti seperti Beauty Class, Public Speaking dan unjuk bakat. Setelah pra karantina berakhir berlanjutlah pada tahap karantina utama yang dilaksanakan selama lima hari dimana pada empat hari pertama adalah acara pelatihan dan hari kelima adalah tahap Grand Final. Kang Fadhil juga menceritakan rutinitasnya selama masa karantina ini dimana Kang Fadhil sudah bangun dari jam 06.00 WIB untuk menjalankan olahraga, makan dan sesi tanya jawab, setelah itu lanjut pada siang hari Kang Fadhil nenjalankan kelas Public Speaking yang dilaksanakan secara berkelompok dan pada sore harinya berlatih seni tari dan pada malam harinya dilaksanakan kembali tanya jawab dan berakhirlah rutinitas Kang Fadhil pada jam 00.00 WIB. Setelah itu pada acara Grand Final, Kang Fadhil menjadi nominasi sebagai Kang Berbakat bersama tiga orang peserta lainnya.

 

Dan Kang Fadhil mengatakan bahwa banyak hal yang berubahan positif yang didapatnya selama menjalani acara Kang Nong Kota Tangerang ini. Pada akhir wawancara Kang Fadhil memberikan pesan penutup “Lakuin apa yang perlu di lakuin selagi bisa percaya diri dengan apa yang kamu punya, dan bisa membuktikan dengan orang banyak bahwa kamu bisa, sebagai anak tari aku bisa buktiin bahwa anak tari ya ga cuman nari nari doang, buktinya aku sebagai anak tari bisa menjadi duta parawisata dan kebudayaan, terus semangat dan kejar cita cita.” (MS)