Rangkaian Pementasan Tari Tradisi Betawi dalam Rangka Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Tari Betawi

[easingslider id=”402″]

Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Tari Betawi semester 110 diadakan pada Senin, 08 Juli 2019 di Plaza Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Ujian berlangsung mulai pukul 16.00-17.45 WIB. Kegiatan ini dhadiri oleh Ibu Dra. Rahmida Setiawati, M.M., dan Bapak B. Kristiono Soewardjo, S.E., S.Sn., M.Sn., sebagai dosen pengampu mata kuliah Tari Betawi. Ujian tersebut merupakan pementasan beberapa tari betawi yang dipelajari selama satu semester ini. Tari-tari Betawi yang ditampilkan adalah 2 Materi Pokok Tari Betawi yaitu Tari Topeng Tunggal dan Tari Renggong Manis. Selain itu, tiap-tiap kelompok menampilkan Tari Kreasi Betawi yang mereka pelajari dari Seniman Tari Betawi.

Tari Renggong Manis, merupakan salah satu materi pokok yang diajarkan kepada mahasiswa. Tarian ini menggambarkan ungkapan kebahagiaan dan rasa kebersamaan para remaja putri. Tari Renggong Manis merupakan perpaduan antara budaya Betawi, Arab, India, dan juga Cina Klasik. Tidak heran jika melihat banyaknya pengaruh budaya luar yang banyak masuk ke budaya Betawi, mengingat letak Jakarta dan adanya pelabuhan Sunda Kelapa sendiri yang merupakan pintu menuju Indonesia di masa lampau. Tarian kedua yang juga merupakan materi pokok adalah Topeng Tunggal. Tari ini mempunyai keunikan karena dikatakan Topeng Tunggal tetapi dalam pelaksanaan penampilannya menggunakan tiga karakter kedok atau topeng yang berbeda dengan cara bergantian. Tari Topeng Tunggal memakai tiga karakter kedok atau topeng yang ditarikan oleh seorang penari Topeng Betawi dengan membawakan tiga karakter yang berbeda yaitu Panji, Samba, dan Jingga.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Tari Betawi ada 60 orang. Rombongan belajar (rombel) 1 sebanyak 29 mahasiswa dan rombel 2 sebanyak 31 mahasiswa. Penampilan pertama merupakan mahasiswa rombel 1 bimbingan Bapak B. Kristiono Soewardjo, S.E., S.Sn., M.Sn., yang menarikan Tari Topeng Gong, kemudian Penampilan Kedua adalah mahasiswa rombel 2 bimbingan Ibu Dra. Rahmida Setiawati, M.M., dengan Tari Renggong Manis, begitu seterusnya ujian berlangsung bergantian antarkelompok dari kedua rombel. Selain kedua materi tari pokok, mahasiswa juga menampilkan beberapa tari kreasi Betawi yang mereka pelajari dari Seniman Betawi atau sebuah sanggar Tari antara lain Tari Nandak Ganjen, Tari Lenggang Nyai, Tari Enjot-enjotan, Tari Geigot, Tari Ronggeng Blantek, Tari Tapak Tangan dan Tari Topeng Gong. UAS ditutup dengan pertunjukan menari bersama Tari Renggong Manis oleh seluruh mahasiswa mata kuliah Tari Betawi. (SO)