MENANAMKAN JIWA KEPEMIMPINAN DAN BERBUDAYA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TARI

[easingslider id=”335″]

PKMP merupakan kegiatan pelatihan kepemimpinan mahasiswa tingkat Program Studi yang dilaksanakan oleh seluruh Program Studi yang ada di Universitas Negeri Jakarta. PKMP biasanya dilaksanakan setelah kegiatan orientasi mahasiswa yang sekarang dikenal dengan Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan oleh seluruh perguruan tinggi untuk mahasiswa baru. Seperti halnya PKKMB merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa baru PKMP pun sama karena nantinya ketika mahasiswa dinyatakan lulus maka akan mendapat kan sertifikat yang berguna sebagai kredit point dan syarat kelulusan sesuai SK yang berlaku.

Melihat pentingnya acara PKMP ini, semua prodi di setiap Fakultas pasti mengadakan PKMP. Program Studi Pendidikan Tari melaksanakan PKMP karena akan menjadi bekal untuk mahasiswa baru selama melaksanakan pembelajaran di Universitas Negeri Jakarta khususnya Program Studi Pendidikan Tari. PKMP merupakan salah satu program kerja dibawah naungan BEMP Pendidikan Tari yang panitia pelaksananya adalah mahasiswa 2017.

Pada PKMP tahun 2018 ini dilaksanakan pada 6-7 oktober 2018 di Universitas Negeri Jakarta dan pra PKMP dilaksanakan pada 15 september 2018 dengan mengusung tema “Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan yang Beretika, Berkarakter dan Berbudaya” dengan Dwi Ega Afriani selaku ketua dan dibuka secara resmi oleh Koordinator program studinya yaitu ibu Dwi Kusumawardani, M.Pd.

PKMP ini bertujuan untuk melatih kepemimpinan para mahasiswa baru, bukan hanya itu tapi juga melatih public speaking, team work, berfikir intelektual dan confidence. Materi yang di berikan kepada peserta sangat beragam mulai dari kepemimpinan,public speaking, kapita selekta legislatif dan eksekutif, managemen organisasi, mekanisme pemilu, pergerakan mahasiswa. Selain itu pada rangkaian acara juga melakukan games dan outbond yang tentunya untuk melatih kekompakan, kerjasama, cara berfikir masing-masing peserta dan peserta  dibagi menjadi beberapa kelompok lalu diberikan penugasan sebagai salah satu syarat dari kelulusan peserta sesuai dengan peraturan-peraturan yang sudah ada.

Pada setiap tahunnya pelaksanaan PKMP mengundang pemateri, pada tahun ini program studi pendidikan tari mengundang banyak narasumber seperti Badan Perwakilan Mahasiswa, Duta UNJ, dan Alumni Pendidikan Tari yang berprestasi. Kurang lebih 2 hari kegiatan dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan dari pagi hingga sore hari ini menjadi bekal yang sangat berguna tentunya untuk mahasiswa baru. (Kontributor: Nursilah)