DARI SEKOLAH MAWAPRES FBS UNTUK PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI NASIONAL

[easingslider id=”297″]

Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) merupakan suatu ajang bergengsi bagi mahasiswa program sarjana dan diploma yang dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) setiap tahunnya. Seleksi ini bertujuan untuk mencari mahasiswa berpotensi yang bisa dijadikan agent of change di lingkungan akademik dan lingkungan masyarakat. Menjadi seorang mahasiswa berprestasi dibutuhkan beberapa perjuangan yang harus dilalui, salah satuny adaalh kegiatan Sekolah Mawapres yang diselenggarakan oleh bidang Kemahasiswaan Fakultas Bahasa dan Seni.

Suatu kebanggaan bagi Prodi Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta dalam hal ini diwakilkan oleh Rizky Amelia Sugiarti, dan Arbi Ntan Era Komala yang menjadi perwakilan Program Studi dalam ajang seleksi pemelihan mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas Bahasa dan Seni yang dilaksanakan pada 10 Desember 2018 di Ruang DE 108. Kegiatan ini merupakan akhir dari rangkaian kegiatan sekolah mawapres yang bertujaun untuk mempersiapkan calon-calon mahasiswa berpotensi yang nantinya akan bersaing di pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Universitas bahkan sampai tingkat Nasional.

Kegiatan ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan, diawali dengan sosialisasi sekolah mahasiswa berprestasi yang mengumpulkan setiap perwakilan-perwakilan dari program studi yang ada di fakultas bahasa dan seni. Pelatihan karya tulis yang terbagi menjadi dua tahap dalam dua kali pertemuan, Pelatihan public spreaking yang terbagi menjadi dua tahap dalam dua kali pertemuan, Talkshow kepribadian, dan yang terakhir adalah tahap presentasi karya tulis yang telah dibuat dengan mengangkat tema “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”.

Tahap persentasi karya tulis merupakan penilaian awal dari proses seleksi mahasiswa berprestasi tingkat fakultas. Setiap peserta diberikan waktu 10 menit untuk memaparkan gagasan inovatif  didepan tim penilai dan peserta lain. Pada proses seleksi tersebut Rizky Amelia memaparkan gagasannya mengenai “Aplikasi DANZ sebagai Game Online Berbasis Tari Tradisi” dan Arbi Ntan memaparkan gagasan mengenai “Dancdut sebagai Aplikasi Menejemen Pengelolaan Sanggar Tari Berbasis Android”. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah peserta dapat mempersiapakan diri dengan sebaik mungkin, serta menerima beberapa masukan terkait penulisan karya tulis ilmiah sehingga siap untuk mengikuti seleksi akhir  mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas Bahasa dan Seni pada Januari mendatang bahkan sampai lolos menjadi Mahasiswa Berprestasi Nasional 2019. (Kontributor: Nursilah)