1. Pengantar

Program Studi Pendidikan Seni Rupa menyelenggarakan satu jenis dan jenjang pendidikan, yaitu Pendidikan Akademik jenjang Sarjana (S-1). Pendidikan akademik jenjang sarjana diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat untuk mencapai kompetensi mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah. Program Sarjana Pendidikan Seni Rupa bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi intelektual dan/atau ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi profesionaldalam bidang pendidikan seni rupa dan praktik seni rupa. Untuk memfasilitasi tujuan tersebut disediakan dua pilihan tugas akhir skripsi, yaitu skripsi pengkajian dan skripsi penciptaan karya seni rupa.

Mulai Tahun Akademik 2020 Prodi Pendidikan Seni Rupa menyediakan dua pilihan kurikulum bagi mahasiswa Angkatan 2020, yaitu kurikulum reguler dan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Keduanya disusun berdasarkan pengutamaan kolaborasi dengan dunia kerja, karena hal ini merupakan program yang dikembangkan secara berkelanjutan sejak dua dekade yang lalu. Dalam kurikulum reguler diprogramkan kolaborasi dalam bentuk praktik mengajar di sekolah, dan dalam empat bentuk magang. Pertama, di semester empat diprogramkan magang untuk mendapatkan pengalaman sebagai instruktur pendidikan seni rupa. Kedua, diprogramkan magang secara singkat, sejenis ekskursi atau field trip, untuk memperoleh pengalaman pendahuluan tentang praktik kesenirupaan, disebut Kuliah Kerja Lapangan di semester lima. Ketiga, mahasiswa diprogramkan magang sebagai pengelola program pendidikan seni rupa di semester lima. Semester tujuh mahasiswa diprogramkan magang untuk menimba pengalaman mendalam tentang praktik kesenirupaan. Adapun dalam kurikulum MBKM semua bentuk magang kolabortif tersebut dikonsentrasikan di semester kelima berupa magang di satuan pendidikan, dan di semester tujuh magang praktik industri. Selain itu di semester enam mahasiswa diprogramkan mengambil mata kuliah pilihan di luar Prodi Pendidikan Seni Rupa di dalam lingkungan UNJ.

Visi, Misi, dan Tujuan

  1. Visi

Pada tahun 2026 Program Studi Pendidikan Seni Rupa menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul di Asia Tenggara dalam menghasilkan lulusan berkarakter kebangsaan dan entrepreneur yang memiliki kemampuan akademik dan profesional di bidang pendidikan dan praktik seni rupa

  1. Misi
  • Membentuk lulusan yang kompeten di bidang pendidikan dan praktik seni rupa dengan menguasai IPTEKS, menjunjung tinggi kreativitas, inovasi, produktivitas, mengakar pada nilai-nilai lokal yang berwawasan global sehingga mampu berperan aktif dalam pembangunan sektor pendidikan dan kebudayaan bangsa Indonesia.
  • Membangun karakter lulusan yang berjiwa demokratis, memiliki kejujuran dalam berkompetisi dan mengembangkan semangat entrepreneur sebagai keunggulan kompetitif di lingkup Asia Tenggara.
  • Menyelenggarakan pendidikan sinergis antara program kependidikan dan non-kependidikan melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada sumber daya lokal dan berorientasi global melalui pemanfaatan IPTEKS di sektor pendidikan dan kebudayaan.
  • Mengelola program-program studi yang bersifat otonom, terbuka untuk ide-ide baru, dan mengutamakan produktivitas dalam bidang pendidikan dan praktik seni rupa dengan membangun iklim akademik yang kondusif guna mengembangkan kerja sama yang saling menguntungkan dengan lembaga lain.
  • Melaksanakan peningkatan kompetensi tenaga akademik dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan dan praktik seni rupa, dan mengembangkan sarana pendidikan
  1. Tujuan
  • Meluluskan intelektual dan/atau ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional di bidang pendidikan dan praktik seni rupa.
  • Menghasilkan karya penelitian yang memiliki kontribusi penting bagi perkembangan ilmu pendidikan dan praktik seni rupa, serta bagi peningkatan kualitas masyarakat.
  • Menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang memiliki kontribusi penting bagi peningkatan kualitas masyarakat.
  1. Profil

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Seni Rupa mempunyai kualifikasi sebagai Sarjana Pendidikan Seni Rupa, diharapkan dapat bekerja sebagai:

  1. Pendidik seni rupa dengan karakteristik apresiatif terhadap budaya lokal dan global, adaptif terhadap teknologi komunikasi multimedia, dan terampil dalam wacana kritis.
  2. Praktisi seni rupa dengan karakteristik apresiatif terhadap budaya lokal dan global, adaptif terhadap teknologi komunikasi multimedia, dan terampil dalam wacana kritis.

 

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan
  2. Bertakwa kepada Tuhan YME, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, moral, etika, dan kepercayaan lain, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  3. Mampu menjadi pendidik dan praktisi seni rupa yang berdedikasi dan penuh tanggungjawab.
  4. Menguasai konsep Pendidikan seni, berkarya seni murni, desain dan kriya dan mampu menganalisis serta menciptakan peluang-peluang kewirausahaan bagi lingkungan sekitar dengan  mengembangkan kewirausahaan berbasis seni dan industri kreatif yang berorientasi pada keaneka ragaman budaya, dan kearifan lokal berdasarkan teori dan konsep konsep manajemen.
  5. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  6. Mampu menjadi pendidik seni rupa yang memiliki pemikiran yang terbuka terhadap kemungkinan mengintegrasikan IPTEKS dan bidang keilmuan lain dalam upaya menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, berdedikasi dan penuh tanggungjawab.
  1. Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd).

  1. Akreditasi Program Studi

Nilai Akreditasi: B (baik)

Tahun Akreditasi: 26 Januari 2017 – 26 Januari 2022

SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Nomor: 0415/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017

Tanggal SK: 26 Januari 2017

No. Sertifikat: SPS: 020827