SOULUSEE SOULUSEE EXHIBITION

Program Studi (Prodi) Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan melaksanakan kegiatan pameran tugas akhir mahasiswa yang akan dilakukan secara virtual di kanal Youtube Soul U See exhibition, pada tanggal 25 Januari 2021 pukul 10.00 WIB – selesai.

Pameran kali ini mengangkat konsep SOULUSEE SOULUSEE EXHIBITION. Kata soulusee (dibaca: solusi) terinspirasi dari penggabungan diksi yang memiliki pemaknaan soul berarti ‘jiwa’,  u (dibaca: you) berarti ‘anda’ dan see berarti ‘lihat’. Soul atau jiwa adalah esensi manusia, pemikiran, dan keistimewaan yang tertuang pada raga. Keterkaitan antara soul (jiwa), you yang merepresentasikan individu dan see (melihat) adalah mengenai sebuah simbol persembahan jiwa yang dicurahkan oleh para pameris dengan keberagaman minat dan bakat serta keindahan karsa yang dituangkan dalam sebuah karya untuk dilihat (see) para penikmat seni (you) sebagai individu lain.

Pameran kali ini terdapat beberapa bidang kesenirupaan, yaitu dari bidang desain, kriya, dan murni. Pameran ini dilaksanakan oleh 15 pameris. Mereka adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Rupa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Beberapa nama pameris yang akan berpameran ialah Syahrul Pratama, Ria Sulistiyawati, Putri Pradipta Hanggarini, Yasa Tayasara, Choirunnisa Pipit Pramesti, Nur Sofa Fauzi, Siti Nurmalena, Umi Budi Rahmayanti, M. Januar Kahirul Hadi, Febriyanti Debora M., Orlando Putra, Rizki Rizaldi, Virgin Novico A., Ghina Ariesta, dan Purbaya Cahya Muhammad.

Penyelenggaraan pameran ini merupakan salah satu bentuk prasayarat untuk menjadi lulusan Sarjana Pendidikan di Prodi Seni Rupa. Bentuk karya yang akan ditampilkan pameris diwujudkan ke dalam berbagai bentuk karya dan juga menerapkan media dan teknik yang beragam sebagai bentuk keindahan karsa. Penciptaan karya dilakukan dengan latar belakang berbeda tetapi tetap satu kesatuan mengangkat berbagai persoalan hidup. Sesuai dengan pengejaannya acara Soulusee ini diharapkan dapat menjadi memberikan solusi dari persoalan yang diangkat dalam berkarya untuk pameris maupun para penikmat seni yang menghadiri pameran ini. (RD)