Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa dengan Tema “Dalam Kotak”

Program Studi (Prodi) Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan melakukan kegiatan kuliah kerja lapangan (KKL). Kuliah kerja lapangan ini akan dilaksanakan pada tanggal 11 Januari sampai dengan 18 Januari 2021 yang di ikuti oleh mahasiswa Prodi Seni Rupa angkatan 2018 sebanyak 51 mahasiswa. Kegiatan kkl ini dilakukan selama 6 hari, lebih tepatnya pada tanggal 11 Januari 2021 sampai dengan 18 Januari 2021. Mengingat masa pandemi yang hingga saat ini belum mereda kami berusaha sebisa mungkin untuk tetap melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan melalui aplikasi video conference. Dengan keadaan seperti pandemi saat ini, tidak menjadi alasan para seniman maupun mahasiswa seni untuk tetap bisa berkreasi dan berkarya di rumah.

Tujuan dari kegiatan KKL ini adalah sebagai prasyarat untuk memenuhi matakuliah Kuliah Kerja Lapangan semester 113, menambah pengalaman bekerja secara professional di masa pandemi pada bidang seni rupa, baik itu desain, seni rupa murni, maupun kria, dan juga mengenalkan karya seni rupa hasil Kuliah Kerja Lapangan semester 113 kepada Universitas Negeri Jakarta maupun khalayak umum. Selain kuliah kerja lapangan secara daring mahasiswa juga akan melaksanaka pemeran kkl. Pameran kkl ini bertujuan selain menunjukan hasil karya mahasiswa selama kkl daring diharapkan sebagai wadah untuk apresiasi beberapa karya seni rupa kepada khalayak umum.

Kegiatan kkl kali ini mengangkat tema “dalam kotak”. Pemilihan tema ini sesuai dengan masa pandemi yang sedang melanda saat ini. Kotak yang di maksud disini adalah ruang yang tidak terlihat tetapi memiliki ruang yang membatasi pergerakan. Mahasiswa yang seharusnya berkarya diluar sana semenjak pandemic hanya bisa melakukannya di dalam rumah. Kebiasaan baru yang terkadang membuat kami nyaman dan jenuh menjadi dilema keseharian di lingkungan rumah.

Pandemi ini juga menimbulkan ketidakpastian yang akhirnya akan mengakibatkan dilema sosial. Perkejaan yang seharusnya dilakukan secara luring mau tidak mau harus berpindah sepenuhnya menjadi daring. Dengan mengalami situasi seperti ini mahasiswa dapat memahami bahwa pandemi ini juga merupakan salah satu bentuk pembelajaran empiris. Karya yang akan dibuat pun juga akan mengangkat kegelisahan dan kebahagiaan kami sebagai mahasiswa dalam menjalani KKL secara daring.

 

Kuliah Kerja Lapangan yang akan dilaksanakan oleh program studi pendidikan seni rupa angkatan 2018 kali ini akan bertemakan “Dalam Kotak”. Tema ini memiliki makna sebuah ruangan yang kami simbolkan sebagai kotak yang bisa membawa manusia menjadi lebih fokus kearah yang lebih positif maupun negatif. Tema ini juga sesuai dengan kegiatan yang akan dilaksanakan penuh secara daring melalui perangkat laptop maupun handphone yang berbentuk kotak. Adanya kegiatan ini diharapkan para mahasiswa Pendidikan Seni Rupa angkatan 2018 dapat menjalin hubungan baik dengan para seniman dengan berbagai latar belakang. Relasi ini juga dapat menjadi hal yang baik di mata program studi, universitas, maupun dari seniman itu sendiri. (RD)