KEGIATAN P2M PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA

Seorang dosen memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (P2M). Kegiatan P2M para dosen Prodi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta dilakukan di beberapa sekolah dan daerah yang berbeda. Kegiatan P2M ini biasanya dilaksanakan serentak oleh seluruh dosen.

Salah satu kelompok penelitian dan pengabdian yang diketuai oleh Ibu Dra. Mudjiati M.Pd. melakukan proses kegiatan penelitian di daerah Garut, Jawa Barat, tepatnya di Sekolah Luar Biasa Negeri B. Kegiatan ini disambut hangat oleh pihak sekolah dan dewan guru SLB Negeri B. Kegiatan P2M ini berlangsung pada tanggal 1 juli 2019 pukul 08.00–14.00. Wakil Kepala Sekolah, Ibu Neneng Topani M., S.Pd. secara resmi membuka dan menyampaikan sambutan. Beliau mengapresiasi kegiatan P2M yang dilakukan salah satu kelompok dosen Prodi Seni Rupa. Kelompok P2M yang diketuai Ibu Dra. Mudjiati, M.Pd. beranggotakan Ibu Ririn Desprililani S.Pd., M.Si. dan M.C. Wara Candrasari S.Sn., M.Ds., beserta 26 mahasiswa Prodi Seni Rupa.

Kegiatan ini dihadiri seluruh guru SLB Negeri B se-Kabupaten Garut sebagai peserta, mahasiswa sebagai mentor, dan 3 dosen sebagai pendamping. Kegiatan yang dilakukan yaitu membuat ecoprint di atas media kain. Para peserta pun sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Menurut mereka, kegiatan membuat ecoprint seperti ini merupakan hal yang sangat baru.  Selama proses pembuatan, peserta selalu mencoba berbagai tanaman sebagai bahan eksplorasi untuk membuat ecoprint. (RD)