Prodi Sastra Inggris Melaksanakan Kegiatan Pelatihan Literasi Media untuk Guru-Guru SMA/SMK

Pada hari Senin dan Selasa tanggal 28-29 Juni 2021 tim pelaksana Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bertemakan “Pelatihan Literasi Media dan Digital untuk Guru-Guru SMA/SMK”. Kegiatan P2M merupakan salah satu pokok kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan untuk memberdayakan masyarakat dan juga menguatkan pendidikan serta penelitian.

Kegiatan Pelatihan Literasi Media ini berlangsung selama 2 hari dan dihadiri oleh sekitar kurang lebih 25 guru yang tersebar di Kota Jakarta, Tangerang dan Papua. Pelatihan yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting ini memberikan pengenalan materi literasi media dan literasi digital. Para peserta juga dihadapkan dalam ruang diskusi mengenai isu-isu terkini di media sosial. Acara pelatihan berlangsung dengan menarik karena adanya antusiasme dari para peserta dan juga keberagaman materi yang disampaikan.

Pada salah satu sesi diskusi, peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan salah satu contoh konten di media sosial dan apa tujuan konten tersebut. Para peserta yang merupakan guru-guru SMA/SMK pun memberikan banyak contoh konten di media sosial mulai dari broadcast pesan WhatsApp hingga beberapa tulisan blog ataupun iklan di media digital. Dari sini terlihat bagaimana antusias para peserta yang merupakan pengguna aktif media dapat memberikan dinamika jalannya kegiatan pelatihan. Para peserta yang merupakan guru SMA/SMK ini dituntut untuk menguasai penggunaan teknologi khususnya media digital dan media sosial guna menunjang proses pembelajaran pada masa pandemi. Sehingga pelatihan dan pengenalan literasi media dan literasi digital menjadi sangat penting untuk diikuti oleh peserta.