Program Studi Sastra Inggris Melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Cisaat, Subang, Jawa Barat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada bulan Juli 2022 di Desa Wisata Cisaat, Subang, Jawa Barat. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 13 Juli 2021 dan 14 Juli 2021. Beberapa kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh para dosen program studi Sastra Inggris meliputi pengajaran Bahasa Inggris untuk kelompok Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Cisaat, pengajaran Bahasa Inggris untuk Guru-Guru SD, pengenalan literasi Bahasa Inggris kepada siswa-siswa TK dan SD, serta kegiatan observasi dan wawancara kepada Kepala Sekolah di Desa Cisaat. Kegiatan pengabdian ini merupakan bagian dari analisis potensi pendirian kampung Bahasa di Desa Cisaat, analisis potensi dilakukan melalui observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner.

Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu alternatif untuk menggali potensi kearifan lokal, melalui literasi berbasis bahasa dan budaya.

 

Partisipan kegiatan adalah semua lapisan elemen masyarakat desa Cisaat; dari  anak-anak (siswa TK, SD), guru-guru, penggerak wisata lokal, dan pemangku Desa. Pengajaran Bahasa Inggris untuk Pokdarwis Desa Cisaat dilakukan di Balai Desa dengan metode presentasi dan diskusi interaktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pelatihan literasi membaca untuk siswa-siswa SD dan guru-guru SDN Cisaat dilakukan selama dua hari. Hari pertama dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2022 dan hari kedua dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2022. Kegiatan hari pertama dihadiri oleh siswa-siswa SDN Cisaat sementara kegiatan hari kedua dihadiri oleh para guru di SDN Cisaat.

 

Aktivitas pengajaran tatap muka secara langsung dilakukan dengan metode presentasi, diskusi interaktif, dan pemberian buku tulis serta buku cerita bergambar dalam Bahasa Inggris ke SDN Cisaat, di Desa Wisata Cisaat, Subang, Jawa Barat. Kegiatan yang dilakukan oleh program studi Sastra Inggris selanjutnya adalah melakukan penerjemahan banner, flyer dan website tentang keunggulan Desa Cisaat. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu branding Desa Cisaat.