Kegiatan PKKMB bagi Mahasiswa Baru Prodi Sastra Inggris UNJ Tahun 2022

PKKMB atau kepanjangan dari Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Prodi Sastra Inggris telah dilaksanakan dalam dua rangkaian kegiatan yaitu Pra-PKKMB pada tanggal 18 Agustus 2022 dan PKKMB yang dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2022. Kegiatan Pra-PKKMB dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, sementara kegiatan PKKMB dilaksanakan secara luring pada hari pertama di Gedung Dewi Sartika Lantai 10 dan daring di hari kedua melalui Zoom Meeting. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh BEMP Sastra Inggris UNJ.

Pada kegiatan Pra-PKKMB, dilaksanakan persiapan pelaksanaan PKKMB yang meliputi pemberitahuan tata tertib, atribut serta penugasan peserta. Selain itu, diperkenalkan juga struktur kepanitiaan PKKMB. Kemudian, seminggu setelahnya yaitu pada acara inti PKKMB diperkenalkan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar-mengajar termasuk perkenalan dosen dan tenaga pendidik, perkenalan kurikulum prodi serta perkenalan MBKM yang dibawakan oleh koorprodi Sastra Inggris, Rahayu Purbasari, M.Hum., dan dosen Sastra Inggris, Ati Sumiati, M.Hum. Setelah selesai mengenalkan aspek-aspek KBM, BEMP Sastra Inggris UNJ melalui Dept. ADKESMA (Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa) melakukan sosialisasi SIAKAD atau Sistem Informasi Akademik, serta pengenalan OPMAWA oleh BEMP dan DPMP. Lalu, setelah pelaksanaan PKKMB hari pertama berjalan dengan lancar, PKKMB hari kedua dilaksanakan dengan suasana lebih santai dan akrab yaitu sesi berbagi cerita dan pengalaman terkait prestasi mahasiswa, kiat sukses dan motivasi belajar di Perguruan Tinggi yang dibawakan oleh Mawapres Sastra Inggris UNJ, Padma Azzahra.

Dengan begitu, berakhir sudah rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Prodi Sastra Inggris UNJ 2022. Harapannya, kegiatan tersebut dapat membantu memberi gambaran bagi mahasiswa baru tentang dunia perkuliahan yang akan mereka jalani selama empat tahun ke depan sehingga mahasiswa baru dapat lebih mempersiapkan diri atas arah-arah yang akan mereka tuju ke depannya.