Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bahasa

Pada Sabtu, 17 Oktober 2020, Pusat Kajian dan Jurnal Bahasa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan seminar keberanian untuk guru-guru bahasa Indonesia yang bertajuk “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bahasa”. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00-12.00 ini mengundang 2 narasumber. Narasumber merupakan para dosen di FBS UNJ. Narasumber pertama, Bapak Muhammad Nur Ashar Asnur, M.Hum., Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jerman, sedangkan narasumber kedua, Bapak Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd., dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Acara dimulai pukul 09.00 oleh Pewara. Sambutan dan pembukaan oleh Dekan FBS, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Acara dipandu oleh dosen Prodi Sastra Inggris, Nurul Adha Kurniati, SS, M.Hum., Sebagai moderator. Acara ini dihadiri kurang dari 150 peserta yang terkenal di seluruh Indonesia, peserta merupakan guru-guru dan juga dosen-dosen. Kedua narasumber memaparkan penjelasan mengenai berbagai aplikasi penunjang pembuatan video pembelajaran melalui laptop atau gawai seperti ponsel pintar.

Dengan adanya kondisi pandemi seperti ini, para pendidik dituntut untuk terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas demi menunjang kegiatan pembelajaran dan pembelajaran. Salah satunya, terampil dan mahir menggunakan teknologi. Narasumber menyampaikan bahwa salah satu cara untuk menjaga perhatian para peserta didik dengan membuat video pembelajaran yang singkat, padat, dan menarik. Berbagai aplikasi seperti VokoscreenNG dan Open Broadcaster Software dapat menjadi pilihan dalam pembuatan video pembelajaran melalui laptop. Sementara untuk pembuatan video pembelajaran dengan ponsel pintar, pilihan aplikasi seperti Kinemaster , Power Director , dan AZ Recorder dapat menjadi solusi cepat dan mudah. (NA)