Optimalisasi Program dan Aplikasi Berbasis Daring untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh dan Daring

“Teachers are lifelong learners” – Unknown. Ungkapan tersebut, walaupun tidak diketahui pertama kali diucapkan oleh siapa, menjadi sebuah idealisme untuk profesi pengajar, baik guru ataupun dosen. Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 memaksa pemerintah daerah melalui arahan dari pemerintah pusat untuk menutup hampir semua fasilitas umum, termasuk sekolah dan universitas. Kegiatan belajar dan mengajar sejak saat itu sampai sekarang dilakukan dengan jarak jauh dan daring. Berbagai tantangan dan kesulitan harus dihadapi oleh para pengajar dan pemelajar agar tetap bisa melaksanakan pembelajaran dengan lancar. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh para pengajar adalah masih sedikit informasi yang dibagikan seputar metode pembelajaran daring dengan mengoptimalisasi program dan aplikasi berbasis internet yang tersedia untuk mendukung pendidikan.

Program Studi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk menjawab tantangan ini menyelenggarakan rangkaian kegiatan webinar dengan tema “Optimalisasi Program dan Aplikasi Berbasis Daring untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh dan Daring” yang diselenggarakan pada 10-23 Juli 2020 melalui Zoom Meeting. Rangkaian kegiatan webinar ini bertujuan untuk membagikan informasi metode pembelajaran daring dengan menggunakan beberapa program dan aplikasi, seperti Google Classroom, Flipgrid, Quizizz, Mentimeter, Google Form, dan Canva, untuk mendukung kelas daring menjadi lebih efektif dan menarik bagi peserta belajar.

Informasi tentang rangkaian kegiatan webinar ini disebarkan melalui media sosial WhatsApp dan Instagram serta mendapatkan respons yang positif. Peserta webinar adalah dosen di lingkungan UNJ, beberapa universitas lain di wilayah DKI Jakarta dan Banten, serta guru di wilayah Jabodetabek dan Jawa Tengah. Setelah mengikuti rangkaian kegiatan webinar diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan dan mengoptimalisasi penggunaan program dan aplikasi daring untuk mendukung pembelajaran jarak jauh dan daring menjadi lebih efektif, interaktif, dan menarik selama belajar di rumah dalam masa karantina pandemi COVID-19.