PEKERTI UNJ 2020

Selama 5 hari dari 17-21 Februari 2020 para dosen muda UNJ mengikuti kegiatan Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kurang lebih 80 peserta yang mengikuti kegiatan Pekerti ini bukan hanya datang dari UNJ melainkan juga dari universitas lain seperti Universitas Panca Sakti dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Rumah Sakit Husada.

Pembukaan kegiatan Pekerti bertempat di Aula lantai 8, Gedung Ki Hajar Dewantara pukul 08.30 dan dibuka oleh Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si. Setelah pembukaan, dibagi menjadi dua kelas, kelas A dan B. Perwakilan dosen CPNS dari Program Studi (Prodi) Sastra Inggris, Dwi Linda Kusuma, M.Hum., dan Nurul Adha Kurniati, M.Hum., ditempatkan di kelas B.

Kegiatan Pekerti meliputi pemaparan dan presentasi mengenai sistem pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi seperti Landasan dan Sistem Pendidikan di Perguruan Tinggi, Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi, Perkembangan dan Pembelajaran Orang Dewasa, serta Teori Belajar, Pembelajaran dan Motivasi. Hari berikutnya, kegiatan menyusun RPS dan pembelajaran mengenai model-model pembelajaran aktif. Praktik mengajar dilakukan pada hari terakhir di mana para dosen sudah menyiapkan RPS, materi, serta bahan yang dipresentasikan kepada peserta lainnya.