Pengabdian Kepada Masyarakat di SDN Jatimurni VI Bekasi

Jakarta, Pada 3-4 September 2022 yang lalu, Prodi Sastra Indonesia FBS UNJ telah melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SDN Jatimurni VI kelurahan Jatimelati, Kecamatan Pondok Melati, Bekasi. Kegiatan ini merupakan salah bentuk kerjasama antara kerja sama Prodi Sasindo FBS UNJ dengan SDN Jatimurni VI Bekasi.

Kegiatan ini bertujuan memberi pendampingan kepada masyarakat terkait dengan berita hoax di media sosial dan upaya memanfaatkan media sosial sebagai wadah melatih kemampuan menulis masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut menghadirkan pembicara dari tim dosen Prodi Sasindo, yaitu Erfi Firmasyah, M.A., Drs. Krisanjaya, M.Hum., dan Asisda Wahyu Putradi, M.Hum. Peserta kegiatan berjumlah 23 orang terdiri atas guru, pemuda karang taruna, dan masyarakat umum.

Di hari pertama, rangkaian acara dimulai dengan dibuka oleh pewara yang merupakan salah satu guru di SDN Jatimurni VI. Kemudian, sambutan Kepala SDN Jatimurni VI dan Koordinator Prodi Sasindo. Rangkaian acara selanjutnya yaitu penyampaian materi pertama oleh Drs. Krisanjaya, M.Hum. mengenai Edukasi masyarakat Kampung Sawah Bekasi dalam mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memerangi berita bohong. Setelah itu, materi kedua oleh Erfi Firmansyah, M.A. mengenai Pendampingan menulis cerita berbasis budaya Betawi untuk guru, pemuda, dan masyarakat dengan pendekatan writing super trip. Materi terkahir disampaikan oleh Asisda Wahyu Putradi, M.Hum. mengenai  penulisan kritik menggunakan media sosial bagi masyarakat Kampung Sawah dengan Metode Critical Writing Text.

Pada pendampingan menulis cerita berbasis budaya Betawi, dihasilkan 20 tulisan berbasis budaya Betawi Kampung Sawah. Pada sesi akhir, peserta diminta untuk menulis cerita seputar budaya Betawi di Kampung Sawah. Acara pun ditutup setelah para peserta mengumpulkan produk cerita yang telah dibuat. Pada Minggu esoknya, para pendamping mengoreksi dan menganalisis karya tulis peserta, serta menganalisis dan mengevaluasi kegiatan Sabtu sebelumnya. Lalu, hasilnya dituangkan dalam bentuk draft laporan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan lainnya berupa mengumpulkan dan mengolah dokumen kegiatan berupa lembar administrasi, foto, dan video untuk laporan.