PERKENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU PRODI SASTRA INDONESIA 2022

Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi (BEMP) Sastra Indonesia FBS UNJ telah sukses melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Acara ini berlangsung pada 25-26 Agustus 2022 berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Tercatat sebanyak kurang lebih 100 mahasiswa baru Prodi Sastra Indonesia mengikuti rangkaian acara PKKMB tahun ini.

Pada hari pertama, acara dibuka oleh Firjidilla Awandani dan Abraham Leonardo sebagai pewara. Dengan hikmad, kemudian peserta dan panitia menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FBS UNJ. Setelah itu, acara dilanjutkan oleh Dafa Anugrah yang membacakan tilawah Al-Qur’an. Setelah itu, rangkaian acara dilengkapi dengan sambutan Ketua Pelaksana, Ketua BEM Prodi Sastra Indonesia, dan Koordinator Prodi Sastra Indonesia. Tidak lama berselang, mahasiswa baru menyimak pemaparan materi pengenalan prodi oleh Bapak Erfi Firmansyah, S.Pd., M.A. Pada sesi ini, mahasiswa baru pun berkenalan dan berinteraksi dengan dosen-dosen Prodi Sastra Indonesia. Materi kedua dipaparkan melalui youtube dengan topik “Kiat Sukses dan Motivasi Belajar di Perguruan Tinggi serta Kewirausahaan, Prospek, dan Peluang Kerja” oleh Dr. (Can) Agustiani Putri, M.Pd. dan disusul dengan post-test. Kemudian, materi ketiga disampaikan oleh Dr. Gres Grasia Azmin, S.S., M.Si yang berisi “Kiat-Kiat Belajar di Perguruan Tinggi Khususnya di Prodi Sastra Indonesia FBS UNJ”. Pada hari pertama PKKMB ini, mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan Ormawa, Opmawa, dan komunitas yang ada di Prodi Sastra Indonesia, yaitu BEMP, LLMP, Bengkel Sastra, dan Teater Zat.

Di hari kedua, acara kemudian berlanjut pada pemaparan materi pertama dengan topik Pengenalan Kurikulum MBKM Prodi oleh Bapak Dr. Asep Supriyana, S.S., M.Pd. Pada materi ini, Bapak Asep memaparkan informasi terkait KRS dan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan materi pengisian biodata dan KRS yang dipandu oleh Shavira Fatma dan disambung dengan pengisian posttest materi dua. Pada hari kedua ini, terdapat agenda pemaparan visi-misi calon ketua angkatan Sastra Indonesia 2022, yang disambung dengan voting ketua angkatan. Dari hasil pemilihan tersebut, telah ditetapkan Putri Reyna Listy Lubis dan Gian Rizkianto sebagai Ketua Angkatan Sastra Indonesia 2022. (SW)