TIGA MAHASISWA SASTRA INDONESIA MENGIKUTI PROGRAM MAGANG PEMBELAJARAN BIPA VIRTUAL DI KBRI BERN

Tiga mahasiswa Sastra Indonesia FBS UNJ berpartisipasi dalam program magang Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di KBRI Bern, Swiss pada periode November – Desember 2021. Program ini sebelumnya dilaksanakan pada periode Mei – Juni 2021 yang diikuti delapan mahasiswa di lingkungan FBS juga. Tiga nama mahasiswa yang terpilih dari Prodi Sastra Indonesia FBS UNJ adalah Priyo Utomo, Nur Hidayah, dan Dwi Puji Lestari. Tercatat hampir satu bulan, mereka mengikuti kegiatan tersebut secara virtual.

            Kegiatan magang Pembelajaran BIPA ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Negeri Jakarta yag diprakarsai oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. dengan pihak KBRI di Bern, Swiss. Di FBS UNJ terdapat dua prodi yang menyelenggarakan perkuliahan Pengajaran BIPA, salah satunya Sastra Indonesia. Mata kuliah  yang diampu oleh Bapak Erfi Firmansyah, S.Pd., M.A., dan Bapak Sigit Widiatmoko, M.Hum., diharapkan dapat mendorong mahasiswa mengembangkan karier di BIPA. Kegiatan magang ini merupakan kesempatan baik bagi mahasiswa untuk mempraktikan secara nyata materi-materi di dalam perkuliahan. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., pertama kalinya dilaksanakan pada Senin (29/11/2021) melalui media virtual Zoom Meeting.

            Dengan kesempatan baik ini, ketiga mahasiswa dapat merasakan pengalaman mengajar langsung pada tingkatan level BIPA-3 selama enam kali pertemuan. Kelas pembelajaran BIPA dimulai pada Senin (29/11/2021) pukul 00.00 WIB, sedangkan di Bern sendiri pukul 18.00 CET. Ibu Hesty Aryani, M.A., selaku pengajar BIPA KBRI Bern membimbing dan mendampingi tiga mahasiswa yang terbagi dalam satu kelompok kecil. Masing-masing kelompok terdiri atas dua sampai dengan tiga pemelajar asing. Tugas mahasiswa tersebut membantu untuk mengarahkan kegiatan diskusi mengenai satu topik di dalam kelas. Kegiatan tersebut dilakukan secara bertahap, mulai dari 10 menit hingga 30 menit setiap kali pertemuan. Di akhir kelas, Ibu Hesty bersama dengan tiga mahasiswa magang melakukan diskusi kembali untuk memberikan saran dan informasi terkait pertemuan selanjutnya.

Selain mengajar, kegiatan lainnya yang dilakukan mahasiswa dalam program tersebut yaitu membantu membuat bahan materi dalam bentuk Power Point (PPT) yang dikerjakan secara berkelompok sesuai dengan silabus. Program magang kelas pembelajaran BIPA pun selesai pada Kamis (16/11/2021) dengan diadakan ujian untuk para pemelajar asing yang sudah mengikuti kelas BIPA-3 sebagai bentuk kegiatan akhir mereka. Tugas dari ketiga mahasiswa magang hanya melihat dan mengawasi pemelajar asing dalam melakukan ujian.

            Program magang BIPA KBRI Bern menjadi program yang bermanfaat bagi para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Pengajaran BIPA untuk mengenalkan secara langsung kegiatan mengajar bersama pemelajar asing sebagai awal dari pengalaman mereka. Mengingat tingginya antusias masyarakat Bern dalam mempelajari bahasa dan budaya Indonesia, diharapkan bentuk kerja sama antara kampus UNJ dengan BIPA KBRI Bern dapat terus berlanjut sebagai langkah meningkatkan pemerolehan pengalaman secara nyata mahasiswa dalam mengenal dunia pengajaran BIPA.