Helvy Tiana Rosa: Berkarya dengan Kualitas

[easingslider id=”1927″]

Dosen Prodi Sastra Indonesia, Dr. Helvy Tiasa Rosa, M.Hum., yang juga seorang produser film kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Film Hayya yang diproduserinya bersama Benny Arnas meraih Excellence Awards untuk Film Indonesia Terbaik 2021 dari Sinematek Indonesia, Yayasan Pusat Perfilman Usmar Ismail. Acara tersebut diselenggarakan pada 30 Maret 2021 sebagai Perayaan Hari Film Nasional ke-71. Excellence Award yang dimenangi film karya sutradara Jastis Arimba ini adalah penghargaan untuk film terbaik dengan nilai kearsipan tinggi sebagai aset budaya.

Rasa bangga bukan hanya dirasakan oleh para dosen Prodi Sastra Indonesia saja, namun juga Fakultas Bahasa dan Seni. Dekan FBS UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd, menyampaikan rasa bangganya secara langsung kepada Erfi Firmasyah, M.A., selaku Koorprodi Sastra Indonesia. “Selamat untuk Sasindo (Sastra Indonesia). Semoga terus berprestasi,” ungkap Liliana. Anugerah Sinematek diselenggarakan pertama kali tahun 2019 sebagai salah satunya bagian dari partisipasi atas program UNESCO PBB Memory of the World. Penghargaan ini pada tahun 2019 diraih oleh film Bumi Manusia yang diangkat dari novel Pramoedya Ananta Toer dan disutradarai Hanung Bramantyo.

Helvy pun mengungkapkan kegembiran dan rasa syukurnya. “Alhamdulillah hasil kerja kami bisa dihargai. Meski demikian, penghargaan nasional bukanlah tujuan. Kami memang selalu mementingkan berkarya dengan kualitas. Insya Allah akan selalu begitu,” tuturnya dalam wawancara. Film Hayya telah berhasil disaksikan oleh 750 ribu penonton di bioskop selama masa pemutarannya. Dengan capaian tersebut, film ini telah menyumbangkan lebih dari 2,7 milyar rupiah dari hasil pendapatan melalui tiket untuk anak-anak Indonesia dan Palestina melalui tujuh lembaga kemanusiaan, termasuk Aksi Cepat Tanggap (ACT), Aman Palestin, dan INH.