PROMOSI DOKTOR HELVY TIANA ROSA

[easingslider id=”1853″]

Penantian panjang itu akhirnya berujung manis. Itulah kiranya perasaan yang dirasakan oleh para dosen Prodi Sastra Indonesia dan keluarga besar Jurusan Bahasa dan Sastra Indoesia FBS UNJ. Pada Kamis, 30 Januari 2020, Ibu Helvy Tiana Rosa, M.Hum. mendapatkan kesempatan untuk Promosi Doktor. Dosen yang sudah mengabdikan diri sejak 2005 ini akhirnya menyelesaikan Sidang Terbuka promosi Doktor di bidang Pendidikan Bahasa dengan predikat sangat memuaskan setelah berhasil mempertahankan disertanya yang berjudul Proses Kreatif Menulis Cerpen Perempuan Pekerja Rumah Tangga.

Dalam sidang tersebut, wanita yang dikenal juga sebagai sastrawan ini memaparkan hasil risetnya yang mengenai proses kreatif menulis cerpen perempuan pekerja rumah tangga di Hongkong dengan melakukan pengamatan berperan-serta dan mewawancarai lima informan. Hasil penelitiannya menunjukakan terdapat perbedaan-perbedaan signifikan antara proses kreatif menulis para pekerja rumah tangga dengan proses kreatif menulis fiksi pengarang pada umumnya. Kreativitas para pekerja ini berkembang tanpa melalui pendidikan formal, dengan faktor-faktor utamanya adalah grit (passsion and perseverance). Dalam penelitiannya, ditemukan juga fakta bahwa adanya obstruksi konstan berupa waktu dan tekanan eksternal yang terus menerus dari majikan sepanjang proses kreatif menulis, terkait status mereka sebagai pekerja rumah tangga yang tidak memiliki pilihan dan keleluasaan dalam pengembangan karya kreatif.

Setelah pemaparan hasil risetnya, para penguji yang terdiri atas enam profesor menanyakan beberapa pertanyaan mengenai riset tersebut. Kemudian, sidang Dewan Penguji pun merasa puas dengan pemaparan dan jawaban Ibu Helvy Tiana Rosa. “Kami menyatakan promovenda lulus dengan predikat sangat memuaskan. Seharusnya bisa lulus dengan cum laude, tetapi sayang masa pendidikan doktoralnya melewati empat tahun,” ujar Pemimpin Sidang Terbuka, Prof.  Dr.  Ivan Hanafi, M.Pd.  Beliau didampingi Promotor Prof.  Dr.  Ilza Mayuni, M.A.,  dan Kopromotor, Prof.  Dr.  Emzir, M.Pd.

Acara yang dilaksanakan di Ruang Sidang Lantai 5 Gedung Bung Hatta Pascasarjana UNJ ini dihadiri oleh keluarga dari Bunda Helvy yang duduk di baris paling depan kursi hadirin untuk mendukung penuh. Tampak hadir pula keluarga besar Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ. Beberapa tamu undangan pun turut hadir, antara lain mantan Menteri Tenaga Kerja Fahmi Idris, sastrawan Taufiq Ismail, Pemred Republika Irfan Junaidi, Dirut Mizan Group Putut Widjanarko, mantan Dirut Balai Pustaka Zaim Ukhrowi, artis sekaligus kandidat doktor Oki Setiana Dewi, novelis Asma Nadia, sutradara Jastis Arimba, aktor Fauzi Baadilah, dan  artis Aquino Umar.  Tak ketinggalan, para informan penelitian ini yang sekarang tidak lagi menjadi pekerja rumah tangga migran berkat keterampilan menulis mereka. (sw)

Dapat dilihat pula berita yang terkait di https://m.republika.co.id/berita/q4zx83374/helvy-tiana-rosa-raih-doktor-karena-pekerja-rumah-tangga