Kuliah Perdana Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FBS UNJ “Emerging Public Speaking in the Digital Era”

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FBS, UNJ, Selasa, 24 Agustus 2021 telah mengadakan Kuliah Perdana dengan  narasumber Dahniarny Achri, S.Pd, M.Ikom  seorang praktisi sebagai News Anchor- News producer dari CNN Indonesia. Kuliah Perdana ini bertajuk Emerging Public Speaking in the Digital Era Kegiatan ini dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri dari Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd, Wakil Dekan III, Korprodi PMPBI UNJ, Dosen MPBI, Alumni MPBI, tamu undangan, peserta dari luar UNJ, mahasiswa angkatan 2020, 2021.

Kuliah perdana ini bertujuan untuk memberi pengetahun, keterampilan, dan pengembangan keterampilan Public Speaking di era digital. Keterampilan public speaking dianggap penting, karena komunikasi merupakan salah satu keterampilan Abad ke-21. Sukses dalam berkarir saat ini tidak hanya mengandalkan kemampuan akademis, tetapi  dibutuhkan soft skill yang mumpuni yaitu salah satunya public speaking. Sebagai seni komunikasi, kecakapan dalam public speaking membuat seseorang mampu menyampaikan gagasan dan idenya secara tepat serta efektif terlebih di Era Digital 4.0 yang berpotensi dalam pertemuan virtual. Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.30 WIB secara daring melalui zoom, dan diawali dengan sambutan di hari pertama oleh Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd., kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan resmi dari Dekan FBS, UNJ.

Kuliah perdana kali ini sangat menarik dan antusias terutama bagi mahasiswa baru MPBI angkatan 2021 dan peserta kuliah perdana lainnya. Berbagai pertanyaan dan interaksi naras sumber dan peserta tidak terasa selama kurang lebih 4 jam. Dahniar menyampaikan diakhir presentasinya dengan memberi kata kunci yakni  A key to be an impressive speaker is to build your own personal branding (Skill, behavior & Value) that will make you get acknowledgment and compliments from the others.

PMPBI berharap, kemampuan dan keterampilan Public Speaking menjadi salah satu soft skill yang harus dimiliki mahasiswa MPBI tidak hanya sebagai keterampilan Abad ke-21 tetapi sebagai seorang ahli pendidik , peneliti, dan pengembang program di bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

– Drivoka (31  Agustus 2021)