Seminar Online English Language Education Management: Final Exam in Two-days

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FBS, UNJ, Senin, 11 Januari 2021 hingga Selasa 12 Januari 2021 telah mengadakan Seminar Online yang dikepalai oleh Dr. Muchlas Suseno, M. Pd. Yang sekaligus sebagai dosen pengampu matakuliah English Language Education Management. Seminar ini bertajuk “Manajemen Pendidikan Bahasa Inggris: Ujian Akhir dalam Seminar Online Dua Hari. Kegiatan ini dihadiri oleh 32 peserta yang terdiri dari Korprodi PMPBI UNJ, Dosen pengampu matakuliah ELEM, 2 bingtang tamu sebagai pembicara utama, dan 28 mahasiswa angkatan 2019 sebagai penyaji.

Seminar ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa pada mata kuliah ELEM dalam melakukan penelitian dan memublikasikan hasil penelitian dalam bentuk proceeding ataupun artikel jurnal.  Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.30 WIB secara daring melalui zoom, dan diawali dengan sambutan di hari pertama oleh Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd., kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan resmi dari Dr. Muchlas Suseno, M.Pd. Usai pra- Pembukaannya, dalam setiap harinya di acara seminar 2 hari ini juga menghadirkan key note speaker pada hari pertama diisi oleh Dr. Elvy Usmirawati, Dipl. TESOL, M.Pd., dan ibu Yenny Dwi Maria, M. Ed. Di hari kedua. Masing-masing keynote speaker memiliki topik perkuliahan masing-masing, namun topiknya seputar pada Manajemen Pendidikan.

Dihari pertama, Dr. Elvy Usmirawati, Dipl. TESOL, M.Pd. memberikan materi yang menerangkan tentang hal-hal dasar pada kepemimpinan seorang guru dalam ranah manajemen kelas. Sementara, di hari kedua, ibu Yenny Dwi Maria, M. Ed. Memberikan materi berupa pengalaman beliau dan memberikan ajakan kepada generasi saat ini agar sekiranya selalu optimis dan menganggap profesi guru sebagai pemimpin dengan slogan “Teacher is leader, teacher is leadership, and teacher is leading”.

Seusai keynote speaker menyampaikan materi dan pengalamannya, bagian utama seminarpun dimulai. Kegiatan inti seminar ini berupa presentasi hasil karya ilmiah oleh setiap peserta mata kuliah ELEM dimana masing-masing penyaji diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Pemateri pada hari Senin 11 Januari 2021 berjumlah 12 siswa dari kelas B dengan tiga topik besar yang dibahas meliputi; Manajemen, Kepemimpinan, dan Kategori lain seperti Gaya Belajar, Pelatihan Guru dan Resistensi terhadap Perubahan. Sementara, pemateri pada hari Selasa 12 Januari 2021 berjumlah 16 siswa dari kelas A dengan membawakan tiga topik utama yang dibahas yaitu; Manajemen Waktu & TIK, Gaya Manajemen & Kepemimpinan, serta Pendelegasian & Pengambilan Keputusan.

Dapat dinyatakan bahwa masing-masing peserta seminar telah menyampaikan penemuan-penemuan baru dan menarik. Hasil penelitian tersebut juga memberikan kontribusi terhadap perkembangan penelitian di bidang manajemen pendidikan hingga selesai acara. Baik di hari pertama dan hari kedua, seminar ini selesai dengan tepat waktu pada pukul 11.30 WIB dan ditutup dengan resmi oleh Dr. Muchlas Suseno, M. Pd.  Selain itu, beliaupun juga merencanakan untuk memfasilitasi dan membantu para mahasiswa agar hasil karya ilmiah mereka dapat dipublikasi melalui Proceedings.