PRANCIS Berita Workshop Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

Workshop Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

Workshop Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) post thumbnail image

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa yang meliputi keragaman bahasa, adat istiadat, seni, dan kepercayaan. Sebagai salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki sejarah yang panjang dan kompleks yang telah memengaruhi perkembangan bahasa dan budayanya. Oleh karena pentingnya pengajaran bahasa Indonesia, maka Fakultas Bahasa dan Seni UNJ melaksanakan  workshop pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing.

Workshop Pengajaran BIPA ini berupa pelatihan pengajaran bahasa dan budaya Indonesia. Kegitan ini bertujuan untuk memperkenalkan keunikan dan kompleksitas bahasa dan budaya Indonesia kepada penutur asing. Workshop Pengajaran BIPA dilakukan dalam bentuk pelatihan intensif. Pelatihan diselenggarakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni UNJ dengan menghadirkan narasumber dari lembaga pendidikan, pusat bahasa, serta pengajar yang berpengalaman dalam mengajar bahasa dan budaya Indonesia. Peserta Kegiatan Workshop Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) ini ialah dosen  dan mahasiswa dari program studi di Fakutltas Bahasa dan Seni. Program Studi Bahahsa Prancis diwakili 3 dosen dan 2, untuk dosen diantaranya Yunilis Andika, Wahyu Tri Widyastuti, dan Salman Al Farisi, dan mahasiswa yaitu Suhaibah dan Oktaviana Wahidin.

Kegiatan BIPA ini berlangsung selama tiga hari, Senin hingga Rabu, 27-29 Maret 2023. Pelatihan diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan dosen dan mahasiswa FBS UNJ untuk membentuk tim internasional bahasa Indonesia di lingkungan fakultas dengan materi-materi yang disampaikan oleh praktisi-praktisi BIPA yang berpengalaman.

Related Post