PRANCIS Berita Seminar Ideologi di Balik Sebuah Wacana

Seminar Ideologi di Balik Sebuah Wacana

Seminar Ideologi di Balik Sebuah Wacana post thumbnail image

Wacana adalah suatu bentuk komunikasi yang melibatkan penggunaan bahasa untuk menyampaikan pesan atau informasi antara satu pihak dengan yang lain. Namun, di balik setiap wacana terdapat ideologi yang membentuk pesan atau informasi yang disampaikan. Oleh karena itu, untuk memahami sebuah wacana secara utuh, kita harus memahami ideologi yang tersembunyi di baliknya. Ideologi adalah seperangkat nilai, keyakinan, atau pandangan hidup yang membentuk cara pandang seseorang atau kelompok dalam melihat dunia dan perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari. Ideologi dapat mempengaruhi cara pandang, tindakan, dan keputusan seseorang atau kelompok dalam memahami, mempertimbangkan, dan mengevaluasi suatu hal atau peristiwa.

Wacana kerap kali muncul di berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Berbagai tema sering diangkat untuk dibahas yang menimbulkan banyak pro dan kontra. Sayangnya, wacana tersebut seringkali menimbulkan kesalahpahaman karena ada banyak pesan yg dapat ditangkap berbeda oleh semua orang. Berbagai pengalaman, pemikiran, konteks, dan siapa pengirim pesan dapat memberikan pesan yg berbeda bagi penerimanya sehingga saat wacana diterima, perlu banyak analisis mengenai apa maksud dari pesan tersebut agar tidak menimbulkan perbedaan makna karena tidak ada wacana yg tanpa makna, pasti ada tujuan di baliknya.

Seminar ideologi dibalik sebuah wacana bertujuan untuk membahas bagaimana ideologi yang tersembunyi dalam suatu wacana mempengaruhi cara kita memahami dan merespon pesan atau informasi yang disampaikan. Seminar ini juga dapat membantu peserta seminar untuk memahami bahwa setiap wacana selalu dibangun atas dasar ideologi tertentu, yang terkadang tidak disadari oleh pembicara atau pendengar

Oleh karena itu, PBP melaksanakan seminar bertema Ideologi di Balik Sebuah Wacana pada Senin, 6 Maret 2023. Pemaparan dari Dr. Myrna Laksman, dosen Prodi Sastra Prancis UI menarik antusiasme para peserta yg merupakan mahasiswa Prodi PBP UNJ angkatan 2019-2022. Acara yang dibuka oleh Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. ini dilaksanakan di Aula Maftuchah Yusuf, Gedung Dewi Sartika UNJ. Sesi tanya jawab dan diskusi berlangsung interaktif dengan diangkatnya isu-isu terkini yg muncul di Indonesia. Acara kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat dan dokumentasi dengan seluruh peserta.

Dalam seminar ideologi dibalik sebuah wacana, peserta akan diajak untuk mengidentifikasi ideologi yang mendasari sebuah wacana, baik itu dalam bentuk nilai, keyakinan, atau pandangan hidup. Diharapkan, tema analisis wacana ini menjadi salah satu kajian yg menarik diangkat oleh para mahasiswa ketika menulis skripsinya di Prodi PBP. Dengan seminar ini pula, diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan kritis dan analitis mereka dalam memahami wacana yang disampaikan dan mampu meresponsnya dengan bijaksana dan tepat sasaran.

Related Post

KKL Angkatan 2020KKL Angkatan 2020

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah salah satu program yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa. Kali ini, mahasiswa bahasa Prancis UNJ mengadakan KKL dengan