PRANCIS Berita OLIMPIADE BAHASA PRANCIS 2021, PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNJ RAIH JUARA

OLIMPIADE BAHASA PRANCIS 2021, PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNJ RAIH JUARA

OLIMPIADE BAHASA PRANCIS 2021, PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNJ RAIH JUARA post thumbnail image

Olimpiade bahasa Prancis yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Institut Français d’Indonésie kembali diadakan tahun ini.Acara ini dilaksanakan dengan menguji kemampuan kebahasaan, menyimak dan berbicara. Para peserta yang merupakan perwakilan mahasiswa prodi bahasa Prancis ini berasal dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.


Acara yang dilaksanakan pada 6-7 Oktober 2021 tersebut dibagi atas dua kategori. Kategori pertama yakni SMA/SMK/MA yang diselenggarakan pada 6 Oktober 2021. Sementara kategori kedua diperuntukkan bagi mahasiswa pada 7 Oktober 2021.

Untuk menunjukkan kemampuan dalam berbahasa Prancis, Prodi PBP UNJ tidak luput mengirimkan perwakilan mahasiswa pada acara ini tiap tahunnya. Begitu pula pada tahun 2021 ini. Tiga perwakilan telah dikirimkan PBP mewakili Universitas Negeri Jakarta, yaitu Nurrafi Febrian, Muhammad Restu Ali, dan Awan Dino.


Acara diawali dengan babak penyisihan hingga babak final. Peserta Olimpiade Bahasa Prancis 2021: Tingkat Perguruan Tinggi Program Studi Bahasa Prancis Se-Indonesia berjumlah 45 mahasiswa. Tahap pertama dilakukan seleksi melalui ujian menyimak. Hasil seleksi tahap pertama menyisakan 15 orang peserta yang dinyatakan lolos ke babak final. Pada babak final, peserta diberi waktu 10 menit untuk diuji kemampuan berbicaranya. Perlombaan dilakukan dengan mengadaptasi simulasi ujian kemampuan berbicara. Para finalis menampilkan kemampuan berbicaranya dengan baik.


Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Y.M. Olivier Chambard mengumumkan secara langsung pemenang kategori Perguruan Tinggi dengan hasil sebagai berikut :

  1. Protasius Isyudanto (Universitas Indonesia)
    2. Nadzira Khairunnisa (Universitas Padjajaran)
    3. Awan Dino (Universitas Negeri Jakarta)

    Félicitations aux gagnants! (yl)

Related Post

UN POT DE DÉPARTUN POT DE DÉPART

Pada 21 Juli 2022 pukul 11.00 s.d selesai telah dilaksanakan acara perpisahan dengan natif bahasa Prancis, Joachim Duportal di Ruang Gedung Dewi Sartika lantai 408. Pada kesempatan ini, Joachim memberikan kesan dan