PRANCIS Kegiatan PENGABDIAN PADA MASYARAKAT: PENYUSUNAN LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X DAN XI BERBASIS TIK

PENGABDIAN PADA MASYARAKAT: PENYUSUNAN LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X DAN XI BERBASIS TIK

PENGABDIAN PADA MASYARAKAT: PENYUSUNAN LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN  BAHASA PRANCIS UNTUK  SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X DAN XI BERBASIS TIK post thumbnail image

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis (PSPBP) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dilaksanakan pada tahun ini dengan dengan judul Penyusunan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran bahasa Prancis untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas X dan XI Berbasis TIK. P2M yang diketuai oleh Madame Dra. Dian Savitri, M.Pd. beranggotakan Madame Ratna, S.Pd., M.Hum., Madame Dr. Amalia Saleh, M.Pd., serta mahasiswa: Nurrafi Febrian, Ganisya Tripangestuti Dewi dan Awan Dino.

Pada tahap persiapan, tim P2M bersama mahasiswa memetakan materi yang akan dilatihkan dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk  keterampilan menulis dan membaca. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan pola LKS. Pembuatan LKS dilakukan secara luring di prodi dan berlangsung selama 5 kali pertemuan, yaitu  sejak bulan Agustus sampai bulan Oktober 2021

Tahap selanjutnya, dilakukan koordinasi dengan mitra yang akan diperuntukkan kepada MGMP Bahasa Prancis di DKI Jakarta, di antaranya SMA Fransiskus, SMA Ksatrya, SMA Pelita, SMA Angkasa 1, SMAN 62, SMAN 91, SMKN 57, SMAN 27, SMAN 14 serta dihadiri oleh ketua MGMP, Ibu Kartika Sri Hardjanti. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom.

Pembahasan dalam P2M ini mengenai lembar kerja siswa mata pelajaran bahasa Prancis untuk siswa Sekolah Menengah Atas Kelas X dan XI berbasis TIK untuk keterampilan menulis dan membaca. Para mitra sangat antusias dengan kegiatan ini karena LKS berbasis TIK belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, kegiatan ini membantu para guru Bahasa Prancis dan juga siswa.

LKS yang akan disusun bertujuan untuk mendukung pembelajaran bahasa Prancis di SMA, serta membantu guru-guru bahasa Prancis untuk menyiapkan latihan-latihan bahasa Prancis sesuai dengan tema dan tujuan pembelajaran. Ditambah lagi, literasi digital merupakan bagian dari keterampilan abad ke-21 yang wajib dimiliki baik oleh guru ataupun siswa itu sendiri. Dengan demikian penyusunan LKS berbasis TIK  ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengajaran Bahasa Prancis dan melatih siswa untuk berlatih Bahasa Prancis secara mandiri. (yl)

 

Related Post