PRANCIS Berita SEMINAR KURIKULUM BERBASIS TIK: PROJECT-BASED LEARNING DAN CASE-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

SEMINAR KURIKULUM BERBASIS TIK: PROJECT-BASED LEARNING DAN CASE-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

SEMINAR KURIKULUM BERBASIS TIK: PROJECT-BASED LEARNING DAN CASE-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA post thumbnail image

Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis (PSPBP) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Seminar Kurikulum Berbasis TIK dengan tema Project-Based Learning dan Case-Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa pada Selasa, 22 Juni 2021. Kegiatan yang merupakan rangkaian acara hibah kurikulum SFD PSPBP ini berlangsung secara daring melalui Zoom mulai pukul 13.00 – 15.30 WIB.

Pada kegiatan tersebut, Ibu Yanna Z. Widiastuti, S.T., M.Hum. menjadi narasumber dengan moderator Madame Yusi Asnidar, S.Pd., M.Hum. Tampak hadir pula seluruh dosen PSPBP, para mahasiswa PSPBP angkatan 2018, serta beberapa dosen prodi di lingkungan FBS UNJ.

Acara diawali dengan sambutan dari Dekan FBS UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. dan Koorprodi PSPBP, Dr. Subur Ismail, M.Pd. Madame Yusi selaku moderator kemudian membacakan CV narasumber yang dilanjutkan dengan acara inti yaitu pemaparan materi oleh narasumber.

Paparan dibuka dengan sharing pengalaman dari Bu Yanna mengenai pentingnya kita menempatkan posisi dalam pembelajaran. Beliau selalu menempatkan diri sebagai pemelajar dalam pembelajaran, sehingga beliau lebih mengetahui kebutuhan pemelajar terutama pada karakteristik belajar generasi Z saat ini. Selanjutnya pemaparan mengenai materi Project-Based Learning dan Case-Based Learning dan penerapannya dalam bidang bahasa. Penggunaan aplikasi pembelajaran seperti Google Workspace, Microsoft Apps, Canva, Kahoot, Mentimeter, YouTube, Instagram, TED, Tik Tok, dan lain lain dapat dijadikan platform pembelajaran. Pemaparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan dokumentasi bersama seluruh peserta. (yl)

Related Post