PRANCIS Berita RAPAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS: PEMBAHASAN DOKUMEN KURIKULUM

RAPAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS: PEMBAHASAN DOKUMEN KURIKULUM

RAPAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS: PEMBAHASAN DOKUMEN KURIKULUM post thumbnail image

Pada Selasa, 29 Juni 2021 pukul 9.00 – selesai telah berlangsung rapat Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis (PSPBP) FBS UNJ. Acara yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom ini membahas tentang dokumen kurikulum dan juga diskusi yang diikuti oleh seluruh dosen PSPBP. Paparan disampaikan oleh Madame Ratna, M.Hum. yang merupakan ketua team task force SFD PSPBP.

 

Dalam paparannya, Madame Ratna mengungkapkan bahwa latar belakang perubahan kurikulum didasarkan pada 4 hal yaitu OutcomeBased Education (OBE), MBKM, revolusi industri abad 21, dan literasi digital. OBE yang terdapat dalam CPL prodi mengacu pada C4, antara lain: sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Sikap dan keterampilan umum berdasarkan acuan dari Dikti sementara keterampilan khusus dan pengetahuan dikembangkan sendiri oleh Prodi berdasarkan acuan dari CECRL. Selain itu, pelaksanaan MBKM prodi Pendidikan Bahasa Prancis direalisasikan dengan program  pertukaran pelajar. Program tersebut berlangsung selama 3 semester, dimulai sejak semester 4 sampai semester 6 dan dapat dilaksanakan secara daring atau luring dengan melihat kondisi. Terkait MBKM, prodi berfokus pada program asistensi sekolah dan pertukaran pelajar yang mengacu pada profil lulusan. Hal ini sejalan dengan arahan dari fakultas agar capaian pembelajaran dapat tercapai karena muara dari MBKM ini ialah profil lulusan. Nantinya prodi dapat bekerjasama dengan UPI untuk mata kuliah kebahasaan dan FIS/FE untuk bidang lainnya. Selanjutnya, kegiatan akan dilanjutkan dengan lokakarya kurikulum pada Kamis, 1 Juli 2021 dengan target berupa implementasi PjBL dan CBL pada 2 RPS (PO4 dan PE4). (yl)

Related Post

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS FBS-UNJ MELAKUKAN RAPAT HIBAH PENGEMBANGAN KURIKULUM DENGAN INSTITUT FRANÇAIS D’INDONÉSIE (IFI)PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS FBS-UNJ MELAKUKAN RAPAT HIBAH PENGEMBANGAN KURIKULUM DENGAN INSTITUT FRANÇAIS D’INDONÉSIE (IFI)

Pada Kamis, 20 Mei 2021 pukul 10.00 – 12.00 WIB telah berlangsung rapat pembahasan kurikulum dan kerja sama dengan Institut Français d’Indonésie (IFI) Jakarta. Acara ini dilaksanakan secara luring di