MUSIC CORNER 2021 Melodie del Mondo Fantastico

Music Corner adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Jakarta. Music Corner tahun ini berjudul “Melodie del Mondo Fantastico” yang diambil dari Bahasa Italia dengan arti “Alunan Melodi Dunia Fantasi”. Acara Music Corner 2021 ini diselenggarakan dengan tema : “World of Animation – Let Us Eliminate our Differences in Fantasy World. “World of Animation” sendiri dapat diartikan sebagai dunia animasi, karena acara ini mengangkat lagu – lagu dari berbagai animasi. Lalu, “Let Us Eliminate our Differences in Fantasy World” adalah makna bahwa kita harus menghilangkan perbedaan dan rasisme di dunia animasi.

Acara ini dilaksanakan secara virtual pada tanggal 12 Juli 2021 pukul 19.30 WIB melalui channel Youtube Musiceducation. UNJ. Sebagian besar penampil adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Musik UNJ yang dating dari berbagai Angkatan (2018,  2019, dan 2020) dan UKM (Jemrock, Strings of Batavia, Batavia Ordinary Bigband, Batavia Chamber Orchestra). Pada acara kali ini juga kami mengundang penampil eksternal yang turut memeriahkan acara kami, yaitu Prodi Pendidikan Tari, SMM Bogor, dan SMAN 2 Gunung Putri. Setelah itu, panitia akan menghubungi setiap penampil untuk mengumpulkan penampilannya dalam bentuk video. Ketika video sudah lengkap, maka editor akan mulai merangkai keseluruhan acara berdasarkan rundown yang sudah disepakati bersama dengan Kaprodi Pendidikan Musik UNJ.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan mahasiswa dan masyarakat umum karena kami menyebarkan poster acara ini melalui setiap social media yang kami miliki. Beberapa tokoh Universitas Negeri Jakarta juga turut menghadiri acara ini, seperti Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Senat FBS, Konsultan UNJ, Ketua Umum PGRI, dan para Dosen UNJ. Beberapa tamu terhormat lainnya datang dari luar UNJ, seperti para pengajar dari SMM Bogor dan SMAN 2 Gunung Putri, para dosen luar UNJ, serta tokoh lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Acara ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk kembali bernostalgia akan masa kecil melalui lagu – lagu yang ditampilkan dari serial animasi. Selain itu, acara ini bertujuan untuk menghargai dan mengapresiasi karya animasi yang ada dan membuat masyarakat menghilangkan sifat membeda-bedakan yang menonjol atau rasisme yang ada pada dunia animasi. Selain itu, acara ini bertujuan untuk menjaga dan mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa Prodi Pendidikan Musik UNJ. Di sisi lain, acara ini menjadi wadah bagi para mahasiswa baru untuk mengenal setiap tokoh (dosen dan mahasiswa) di dalam Prodi Pendidikan Musik UNJ. Maka dari itu, acara ini terus diadakan rutin setiap tahun.