Seminar Nasional ke-2 “Pembelajaran Bahasa Mandarin Daring pada Masa Pandemi Covid-19”

Pada Senin, 12 Oktober 2020 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta (PSPBM UNJ) telah menyelenggarakan seminar nasional Pembelajaran Bahasa Mandarin ke-2 bertema “Pembelajaran Bahasa Mandarin Daring pada Masa Pandemi Covid-19”. Tahun ini, acara diselenggarakan secara daring karena pandemi Covid-19.

Acara Seminar diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom yang dipandu oleh pewara, Rolan Ahiko dan Yoshi Paulina. Kemudian dilanjutkan moderator, Ibu Susi Andriani, S.S., MTCSOL (Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ), dengan 2 narasumber di antaranya, Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc. (Guru Besar FKIP Universitas Terbuka) dan Ibu Purwaningrum Handayani, S.Hum. (Kepala Departemen Pengajaran Bahasa Mandarin Tingkat Menengah, ACS Jakarta).

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB. Diawali dengan pembukaan pewara sekaligus membaca susunan acara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pemutaran Mars PSPBM untuk pertama kalinya, sambutan dari Ibu Ayu Trihardini, M.A (Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin), selanjutnya sambutan dari Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. (Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ), kemudian sesi foto bersama.

Pemaparan materi pertama dilakukan oleh Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc. Materi yang disampaikan berjudul “Pembelajaran Masa Covid-19: Antara Fully Online dan Hybrid Learning” dengan beberapa topik pembahasan antara lain:

  1. Masa Covid-19 menghindari perkuliahan tatap muka dan solusinya.
  2. Ciri-ciri pembelajaran jarak jauh (PJJ)
  3. Definisi Online Learning dan Terminology yang berkaitan.
  4. Fully Online Learning dan Hybrid Learning harus menggunakan Self Instructional Materials.
  5. Ciri-ciri bahan pembelajaran mandiri (Self Instructional Materials).
  6. Prosedur praktis pengembangan Blended Learning.

Pemaparan materi kedua dilakukan oleh Ibu Purwaningrum Handayani, S.Hum. Materi yang disampaikan berjudul “Media Daring Sebagai Alat Bantu Pengajaran Bahasa Mandarin di Masa Pandemi” dengan beberapa topik pembahasan antara lain:

  1. Kegiatan online
  2. Kegiatan offline
  3. Google Classroom (video tutorial, contoh pemakaian GCR, teacher training)
  4. Virtual Classroom Bitmoji
  5. Quizlet live
  6. Dikte secara online
  7. Pemahaman teks online
  8. Peardeck
  9. KAMI (PDF edtor untuk guru dan murid)

Setelah 2 materi dari narasumber selesai dipaparkan, moderator membuka sesi tanya jawab kepada peserta yang ingin bertanya. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan diantaranya, bagaimana cara mengajarkan keterampilan menulis siswa terkait guratan dasar aksara Han; cara meningkatkan motivasi belajar siswa atau mahasiswa saat pelajaran listening; jika membuat suatu desain instruksional menggunakan teori Team Roles, apakah sebaiknya masing-masing pelaksana dapat bekerja bersamaan dari awal perancangan atau menunggu satu-persatu bagian selesai hingga akhirnya ke rancangan Web designer; bagaimana menyiasati add sound Quizizz yang harus berbayar. Setelah pertanyaan pertanyaan selesai dijawab oleh narasumber, sesi tanya jawab ditutup. Moderator kembalikan ke pewara untuk  menutup acara seminar daring ini.

(JS, RW, SS)