Sabtu, 25 November 2023 Prodi Pendidikan Bahasa Jerman mengadakan kegiatan Workhsop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) secara daring dan mengusung tema Menggali Potensi dan Membentuk Mahasiswa yang Kreatif. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 dan dibuka secara resmi pukul 08.00 WIB. Workshop ini diikuti oleh mahasiswa PBJ Angkatan 2023, 2022 dan juga 2021. Narasumber yang diundang pada kesempatan kali ini yaitu Ibu Dra. Nursilah, M.Si dosen dari Prodi Seni Tari UNJ.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai salah satu program DIKTI yaitu PKM yang diadakan setiap tahun dan berakhir di kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Sebagai mahasiswa baru yang belum mengenal proposal PKM, narasumber menjabarkan dengan jelas dan detail mengenai beberapa hal seperti, apa itu PKM, ada berapa jenis skim PKM, bagaimana penilaian dari masing-masing skim PKM, serta bagaimana tips dan trik agar proposal PKM dapat lolos didanai DIKTI dan lolos ke PIMNAS.

Selain itu, dijelaskan pula contoh-contoh judul PKM yang sudah lolos di PIMNAS. Hal ini tentu saja untuk memberikan gambaran kepada para mahasiswa baru mengenai bagaimana karakteristik judul proposal PKM yang baik. Dan sekaligus menghilangkan ketakutan bahwa proposal PKM lolos PIMNAS hanyalah proposal dengan judul yang berbau science dan teknologi. Padahal banyak juga judul proposal dari kalangan ilmu sosial dan humaniora yang lolos ke ajang paling bergengsi bagi mahasiswa ini. Pesan dari narasumber, yang terpenting kita membuat proposal PKM sesuai dengan skim dan menaati segala aturan yang berlaku di skim tersebut. Karena menaati aturan adalah harga mati untuk bisa lolos didanai ataupun sampai masuk PIMNAS.

Setelah pemaparan materi, para peserta dibagi ke dalam kelompok kecil dan diberikan waktu diskusi selama 20 menit di dalam breakout room. Mereka dipersilakan mencari ide-ide kreatif tentang proposal PKM yang akan mereka buat. Setelah diskusi, ada perwakilan 2 kelompok yang memaparkan ide kreatif mereka yang akan dituangkan ke dalam proposal PKM. Lalu kegiatan ini dipandu oleh Ibu Nada Muthia Zahrah selaku dosen pembimbing BEM PBJ untuk memberikan saran dan masukan mengenai ide yang dipaparkan.

Antuasias peserta nampaknya cukup tinggi pada kegiatan kali ini. Dalam 20 menit, banyak ide-ide kreatif yang muncul dari para peserta.  Harapannya di tahun 2024 ada banyak proposal PKM dari Prodi Bahasa Jerman yang akan lolos didanai DIKTI dan bahkan ada yang sampai ke tahap PIMNAS. Semoga!