Dunia pendidikan di abad 21 telah terpengaruh oleh teknologi dan dampaknya dapat dirasakan secara nyata baik oleh pendidik maupun peserta didiknya. Lingkungan pembelajaran kini tidak lepas dari perangkat elektronik, salah satunya gawai yang selalu ada di genggaman peserta didik.

Untuk meningkatkan media pembelajaran Bahasa Jerman, para bapak dan ibu dosen Bahasa Jerman dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta menggelar kegiatan yang mengusung tema Penguatan Kompetensi Abad 21 Guru Bahasa Jerman DKI Jakarta

Kegiatan yang dilaksanakan pada 11 September 2023 ini dihadiri oleh guru-guru Bahasa Jerman dari sekolah yang ada di DKI Jakarta dan Bekasi. Pada pukul 08.30 WIB, acara dimulai di ruang GDS 407 Universitas Negeri Jakarta. Terdapat beberapa pembahasan yang berlangsung, di antaranya :

  1. Pembuatan perangkat pembelajaran karya sastra Jerman,
  2. Pembuatan media pembelajaran berbasis IT,
  3. Pemanfaatan media Canva dalam pembelajaran, dan
  4. Pembuatan mendeley.

Di masa sekarang, guru dituntut untuk melakukan pengajaran secara aktif dan inovatif, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang saat ini sudah berkembang pesat. Ada banyak sekali upaya yang dapat dilakukan dengan teknologi, tak terkecuali di bidang pendidikan.

Acara ini menyalurkan ide kreatif kepada guru-guru yang hadir dalam kegiatan pengabdian ini agar para guru dapat mengembangkan metode pengajaran Bahasa Jerman dan memiliki media pembelajaran yang bervariasi untuk menunjang proses pembelajaran.

Dibantu oleh teknologi, diharapkan pembelajaran di kelas akan berlangsung secara inovatif, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak terasa monoton dan mengurangi tingkat kebosanan peserta didik. Selain itu, media belajar yang berbeda-beda juga akan membangkitkan semangat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran karena suasana kelas menjadi lebih aktif.

Penggunaan teknologi tentunya membawa pengaruh positif bagi siswa dalam hal belajar, namun perlu diingat juga bahwa ada banyak sekali informasi negatif yang beredar di internet. Peran pendidik di sini sangat dibutuhkan untuk memastikan siswanya hanya mengakses hal-hal baik dari internet untuk keperluan belajar.

Lantaran ada banyak sekali aplikasi pembelajaran yang dapat diakses dengan mudah, seharusnya tidak ada alasan untuk mengesampingkan peran teknologi di dunia pendidikan. Setiap pendidik diharapkan mampu mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, bahan pembelajaran akan lebih menarik jika menambahkan materi dari internet karena informasi yang beredar di internet disampaikan dengan fitur canggih yang variatif dan modern. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat membantu para pendidik dalam pembuatan media belajar yang mengandalkan ilmu teknologi.

Harapannya, melalui kegiatan ini, guru-guru Bahasa Jerman di DKI Jakarta dapat meningkatkan keterampilan menggunakan perangkat pembelajaran yang lebih modern demi memaksimalkan proses belajar-mengajar di kelas.