BEM Prodi Pendidikan Bahasa Jerman 2023, bekerja sama dengan para dosen prodi, menyelenggarakan kegiatan Studium General (SG) Tahun 2023. SG tahun ini mengangkat tema “Ausbildung Jerman: Peluang Pendidikan dan Bekerja di Jerman” dan mengundang narasumber yaitu Bapak Alwien Parahita, M.Sc. yang merupakan seorang CEO Germany Indonesia Professionals (GIP). Acara dilaksanakan pada Jumat 13 Oktober 2023, di Aula Maftuchah Yusuf, Gedung Raden Dewi Sartika, Lantai 2, Kampus A, UNJ.

Studium General 2023 dihadiri oleh mahasiswa aktif program studi Pendidikan Bahasa Jerman, mulai dari mahasiswa angkatan 2017 hingga mahasiswa baru angkatan 2023, serta dihadiri juga oleh para dosen program studi Pendidikan Bahasa Jerman. Kegiatan ini dimulai dengan penampilan – penampilan dari mahasiswa PBJ, yang dapat membangkitkan semangat peserta di pagi hari Jumat ini.

Inti dari kegiatan ini yaitu memperkenalkan program Ausbildung kepada seluruh mahasiswa PBJ, utamanya mahasiswa angkatan 2023. Program ini merupakan program pendidikan dan pelatihan profesi yang berlangsung sekitar 3 tahun di Jerman. Program Ausbildung ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi anak muda warga Jerman maupun luar negeri untuk memperdalam kompetensi yang diminati. Dalam prosesnya, peserta akan lebih banyak melakukan praktek dibanding teori, sehingga diharapkan setelah lulus dari program ini, peserta sudah siap bekerja secara profesional sesuai minat dan program yang telah diikuti.

Menemani narasumber sebagai moderator, yaitu Bapak Arpani yang juga merupakan salah satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jerman. Beliau memimpin jalannya pemaparan materi hingga sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab dimanfaatkan dengan sangat baik oleh para peserta, di mana peserta baik dari mahasiswa baru mau pun kakak tingkatnya, memberikan pertanyaan-pertanyaan yang beragam mengenai Ausbildung, yang tentu saja juga dijawab dengan antusias oleh Bapak Alwien Parahita, M.Sc.

Setelah selesai agenda inti, acara ditutup dengan pemberian cinderamata secara simbolis kepada narasumber dan moderator oleh koordinator program studi Pendidikan Bahasa Jerman, ibu Dr. Ellychristina D. Hutubessy, M.Pd. Dengan itu, acara Studium General 2023 telah selesai dilaksanakan. Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan seluruh mahasiswa PBJ mengenai program Ausbildung dan menjadi salah satu gerbang utama mahasiswa PBJ yang ingin berkarir secara profesional di Jerman.