BEM Prodi Pendidikan Bahasa Jerman mengadakan kegiatan Workshop Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu, 08 September 2023. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh 53 orang peserta mahasiswa Prodi Bahasa Jerman dan juga mahasiswa Universitas Negeri Jakarta pada umumnya. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan diwajibkan bagi mahasiswa baru. Tahun 2023 ini ada 45 mahasiswa baru Prodi Bahasa Jerman yang mengikuti Workshop PMW dengan sangat antusias. Namun, BEM PSPBJ juga membuka pendaftaran secara umum bagi mahasiswa dari Prodi lain apabila ingin berpartisipasi.

 

Narasumber yang diundang dalam kegiatan Workshop PMW ini adalah seorang dosen dari Prodi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi UNJ, Bapak Shandy Aditya, BIB., MPBS. Beliau juga merupakah Tim Pengembang Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, yang tentunya membawahi kegiatan kemahasiswaan, termasuk PMW ini. Pak Shandy menyampaikan materinya dengan sangat lugas, dengan bahasa yang ringan dan sederhana namun sangat bermakna. Hal tersebut membuat mahasiswa lebih mudah memahami konsep kewirausahaan, terutama bagi mahasiswa baru yang baru mengenal Program PMW.

 

Dalam kegiatan ini dijelaskan pula rangkaian jadwal PMW di tingkat UNJ, mulai dari proses sosialisasi sampai ke tahap seleksi. Dengan adanya informasi ini diharapkan mahasiswa Prodi Bahasa Jerman dapat berpartisipasi dalam lolos seleksi kegiatan PMW, agar dapat belajar berwirausaha untuk menciptakan mahasiswa yang mandiri secara finansial. Sehingga kedepannya para mahasiswa ini dapat memanfaatkan waktu luang di luar jam kuliah mereka, untuk kegiatan yang lebih positif seperti PMW ini.

 

Kegiatan yang berjalan sekitar 3 jam ini sangat menarik antusias para mahasiswa PSPBJ. Banyak dari mereka yang mengajukan pertanyaan dan melakukan diskusi seputar dunia wirausaha secara umum, maupun mengenai kegiatan PMW di UNJ. Terlebih di akhir kegiatan, para mahasiswa dipersilakan untuk membuat tim yang terdiri dari tiga orang dan melakukan diskusi untuk mencari ide bisnis yang bisa mereka ikutsertakan di PMW ini. Setelah kegiatan diskusi, beberapa perwakilan mahasiswa mempresentasikan ide bisnis mereka dengan didampingi oleh narasumber. Setelah itu, narasumber akan memberikan saran dan masukan bagi setiap ide bisnis yang dipresentasikan. Diharapkan kegiatan diskusi dan pemberian feedback dari narasumber ini dapat memicu kreativitas mahasiswa dalam menciptakan ide bisnis yang layak diajukan di PMW dan mendapatkan pendanaan dari UNJ.      

 

Di akhir acara, panitia memberikan sertifikat kepada narasumber sebagai bentuk rasa terima kasih atas ilmu yang telah dibagikan kepada seluruh peserta. Kegiatan ini diharapkan menjadi awal dari keikutsertaan mahasiswa PSPBJ dalam kegiatan PMW yang dilaksanakan di tahun 2024 mendatang. Dan semoga banyak ide bisnis dari mahasiswa PSPBJ yang mendapatkan pendanaan dari UNJ, sehingga memicu mahasiswa Prodi Bahasa Jerman untuk terus belajar dan dapat sukses berwirausaha.